Wednesday, July 13, 2016

Kamu Pernah Ditolak? Sama Saya Juga!

"Nggak ada penolakan yang nggak sakit, tapi pejuang yang gigih nggak akan mundur di penolakan pertama"

Oh jadi gini, perasaan yang sering dialami orang-orang ketika mendapatkan penolakan, sakitnya linu menuju ulu hati, nggak enak banget, suasananya campur aduk. Mau marah, bungkam. Mau nangis, malu. Mau bentak, gak tau diri banget. Ya sudah, jadinya bingung ditambah kesal. Cukup disimpan dalam hati, karena mungkin nggak setiap orang yang dicurhati mau dan bisa dimengerti.


Sama halnya yang aku rasakan kemarin, tepat kemarin siang, saat memperjuangkan satu hal ini yang sudah sekian lama aku nantikan waktunya. Dan belum apa-apa, aku udah ditolak pada percobaan pertama. Ibarat mau perang, belum dibolehin karena nggak punya senjatanya. Hiks :'(

Dan, penolakan pertama yang menyakitkan kualami ini soal donor darah, hahaha. Sedih nggak sih belum diapain-apain, udah nggak boleh duluan? Ya walaupun sebenarnya dari awal aku kelihatan memaksa sih, secara dari syarat umur belum memenuhi. Tapi nggak salah dong kalau umur 17 tahun kurang dikit *dua bulan lagi ehem*? Lagian kan soal berat badan minimal udah terlalu lebih. Ngeles aja nih, wkwkwk.

Well, kata petugas PMI di daerahku, syarat umur sebenarnya nggak harus genap 17 tahun sih, kurang dikit dan asal sudah mampu ya diperbolehkan, biasanya bersyarat izin orang tua, karena mungkin dedek yang kurang dari 17 tahun belum terlalu dewasa banget lah ya, masih plin-plan soal ambil keputusan.

Nah, aku sadar diri kok aku belum sedewasa orang-orang, tapi jujur aku melakukan donor darah nggak hanya karena aku mau, tapi ya memang mau *lha?* Jadi pas hari Senin kemarin aku ke PMI Kab. Bandung Barat, disuruh pulang lagi, karena... nggak ada dokter transfusinya. Yaelah, tuh kan, pas hari pertama aja udah ditolak, lol.
Terus karena masih penasaran, kemarin siang aku kesana lagi deh tuh, selangkah lebih maju karena aku dicek tekanan darah. Kelihatan deh dari raut wajah yang meriksanya hasil punyaku bakal mengecewakan, dan iya, tekanan darahku rendah :( Ada di angka 100, pas-pasan banget, padahal syarat seharusnya diastole antara 70-100 dan sistole antara 100-170. Duh, angka itu kalau buat nilai ujian sih bagus, kalau tensi darah bikin perih ya :'(

Aku pikir tekanan darahku akan baik-baik saja, tapi ternyata nggak. Sempat berpikir, donor darah nggak seindah yang dibayangkan, padahal aku udah nguat-nguatin diri untuk disadap darah sekitar 250 cc itu. Tapi boro-boro deh mau nguatin diambil darah, harusnya nguatin hati dulu nih :p

Cuma dari situ aku sadar, apa-apa tuh jangan buru-buru dan maksa banget, ntar Allah nggak ridho dan bebannya kerasa nggak ikhlas. Sayang banget kan ya? Nah, dari kemarin aku juga jadi tahu, bahwa donor darah nggak bisa seinstan ngerebus indomie, perlu ada kiat khusus sebelum dan sesudah melakukannya.

Lalu, saat naik bus menuju pulang, aku searching tuh soal kiat-kiatnya, dan tbh aku nggak ngelakuin itu seminggu sebelum ini, hahaha. Contohnya nih tidur minimal 4-6 jam sebelum donor, padahal kemarin tuh tidur aku nggak teratur. Terus makan 3-4 jam sebelumnya dan nggak boleh makanan yang digoreng, oke yang ini aku makan telur dadar. Ada lagi minum minimal 3 gelas sebelum donor, seingatku kemarin tuh cuma minum yakult sebotol doang. Lah, pokoknya pas baca itu jengkel sendiri, iya deh iya aku belum cukup syarat untuk donor darah.

source
Rasanya ditolak untuk pertama kalinya itu sakit, banget! Tapi aku nggak mau nyerah, aku masih menargetkan tahun ini aku harus donor darah untuk pertama kalinya. Oke deh nunggu genap 17 tahun dulu biar sah lahir batin. Masih ngiri sama Kak Zoel @ Apa Banget yang kayaknya sudah lebih dari empat kali donor darah, tunggu aja ya kalau aku beneran donor, masih mengkhayal gimana rasanya disedot darah, nggak akan jadi serigala atau vampir kan? Lmao.

8 comments:

  1. yaaah kita samaan.. cuman aku gak bisa karena berat badan, masak udah mau 18 taoon berat cuman 47 kg.. gak asik banget ditolak karna berat badan T___T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, kok bisa sih berat badan segitu? Atau aku yang kegedean (?) Lol

      Etapi bukannya minimal 45 kg ya?

      Delete
  2. saya jg dl zaman sma pgn bgt ikut donor darah, tp usia dan berat badan ga mencukupi :D

    ReplyDelete
  3. Masih ada waktu. Ambil
    Hikmahnya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak, ada waktu untuk ngumpulin tenaga dan tekanan darah stabil ya :D

      Delete
  4. Aku juga pernah ditolak donor darah gara-gara umur. Dan parahnya itu ketika ada temanku yg kecelakaan. Padahal golongan darahku sama dgn dia. Pada akhirnya dia yg harus pergi ninggalin kami semua :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Innalillahi, ikut sedih Mbak, mungkin kalau tau gitu sebenarnya bisa aja ya didonor darahkan, tapi apa boleh buat, sudah kuasa-Nya :')

      Delete

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥