Monday, June 6, 2016

Bandung Kemarin Siang

Aku belum tahu banyak soal kota yang satu ini, tapi aku rasa beberapa tahun ke depan, tempat ini nggak hanya jadi rumah tapi juga bakal jadi tempat perjalanan. Kemarin, sehabis mencari rumah kos dekat kampus, aku ngajak Mamah-Abah untuk keliling Bandung, nggak keliling seluruhnya sih, cuma spot utama yang lagi ngehits, Alun-Alun Bandung.

Kemarin juga, pertama kalinya aku naik Damri, Trans Metro Bandung yang digadang-gadang Ridwan Kamil jadi angkutan massal yang murce mursidah. Katanya sih, “ayo naik bus biar nggak bikin macet!”, slogan yang terpampang unyu di kaca luar busnya. Senang deh, makanya aku kepikiran juga buat bikin postingan, cuma rada malu juga buat ngambil foto, takut dicibir norak, hehe.


Berangkat dari Dago dan turun di Alun-Alun Kota, tarifnya sama, Rp5000,- untuk jarak jauh dan dekat. Karena rutenya yang lumayan, nominal segitu juga sebenarnya murah banget sih menurutku. Naik TMB berasa naik bus yang aku tonton di drama-drama Korea, bedanya nggak pakai kartu untuk bayarnya, ada bapak-bapak yang nagihin ongkos, ntar kita dikasih karcis bus. Semacam kenek kalau di bus biasa, tapi lebih rapi karena pakai seragam.



Busnya nyaman, ber-AC juga, ada empat kursi yang disediakan khusus lansia, ibu hamil, dan anak-anak. Aku lupa kapasitas kursinya berapa, nggak dihitung juga hehe. Oh iya, senangnya naik bus tuh kacanya besar-besar, jadi bisa sekalian lihat ke luar jendelanya, aku rasa bakal jadi angkutan favoritku deh nanti :D

Turun dari bus, kami ke Masjid Raya Bandung, kebetulan waktunya shalat Dzuhur. Dan ternyata rame banget, sebelumnya juga pernah sih datang kesana, naik menaranya juga, kalau nggak salah waktu itu karcisnya 2 ribu apa 4 ribu ya, sekitaran itu lah.


Kalau kamu beruntung, biasanya suka ada sms masuk soal promo Dunkin' Donuts, hape Mamah sama Abah dapet tuh karena provider-nya yang mendukung, aku sih nggak karena beda umat sendiri, hehe. Ya sudah, habis shalat di masjid, langsung mlipir ke Dunkin' Donuts sebelah masjidnya, dan itu ngantri *saking kebanyakan yang nukerin sms promo itu kali ya*.

Kebetulan juga, hari itu aku tahu ada acara keren di Museum KAA, Pekan Literasi Asia Afrika namanya, dan 5 Juni kemarin adalah hari terakhir, ada banyak kegiatan sih, kayak diskusi, cultural performance, cicip makanan khas Afrika, dan stand-stand lah. Cuma kok ya, pas aku lihat luarnya, nggak begitu rame, apa jangan-jangan udahan (?) Ya udah, aku cuma foto-foto doang, mana sendiri lagi, karena Mamah-Abah nungguin di bangku dekat Gedung Merdeka *itu lho yang suka dipakai syuting Kang Mus*, dan ternyata acara yang lebih ramenya ada di dalam gedung, aku nggak sempat masuk, wkwkwkwk.



Terus ada ibu-ibu yang minta foto, akhirnya malah ngeksis bareng ibu itu, hoho. Nggak dapat banyak sih, ya karena aku nggak masuk gedungnya, tapi snack sama totebag dan kartu nama orang lumayan cukup kok, lagipula hari terakhir jadi wajar hampir kosong gitu. Ada dropbox juga buat sumbangan buku, tapi karena berangkat dari rumah nggak meniatkan diri untuk ke Museum KAA, jadi aku nggak bawa buku apa-apa, ntar ya mau dijual aja bukunya xD

*mantan ketua pustakawan sekolah*

lebih eksis si ibunya, jangan salfok ke paha aku yang *jebrag*


Cuma cekrak-cekrek, nggak sampai 30 menit, dan pulang deh, di samping Gedung Merdeka juga banyak stand makanan gitu, bekas acara apa gitu ya, soalnya masih bau-bau Hari Lahir Pancasila (re: 1 Juni kemarin), lalu setelah itu balik lagi ke haltenya Alun-Alun Bandung, naik TMB menuju Leuwi Panjang untuk pulang ke rumah. Yeay, dua kali naik Damri nih, tetep asyik kok meski rada pegel juga sampai terminal Leuwi Panjang berdiri terus, hehe.

Nggak aneh ya kalau ke Bandung datangnya kesini terus, nanti kalau aku tinggal disana kuyy cari spot-spot yang unik ya. Nggak janji, tapi Bandung selalu punya banyak cerita kok. Oh iya, marhaban ya Ramadhan juga teman-teman, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan, semoga ibadah puasa kita lancar sampai hari yang fitrah nanti. Mohon maaf lahir batin ya :)

Dan ini, ayo main ke Bandung, ketemu aku juga yuk! :D

6 comments:

  1. Iya bener seneng banget bus yang baru kacanya gede-gede kayak lagi study tour tau x')
    Foto-foto mah masih wajar cip, aku pernah dong videoin di dalem busnya pake gopro lagi, bukan kamera professional gimana gitu x')
    Promo dunkin' donuts emang yaa laris banget. Aku juga nukerin tuh di buahbatu.
    Tapi sebenernya lebih enak Krispy Kr*m*. Cuma gaada di Bandung mah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, aku merasa masih buta Bandung, ntar beberapa bulan bisa jadi khatam nih :D

      Krispy Kr*m* itu pernah aku dapet dr Line, cuma ya rugi kalo nukerinnya harus ke Jakarta :D

      Delete
  2. Wew aku satu tahun di Bandung belum sempet terus naik Damri. Karena aku orangnya ga kenal jalan. Naik angkot aja masih sering nyasar. Makanya aku nyari transportasi yang langsung sampe tujuan kayak gojek gtu Xp
    Cuma aku mau bangetlah naik damri. Kapan2 kita jalan-jalan bareng yuk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena dari pinggiran kota, aku baru unduh gojek belakangan ini, siapa tau kepake nanti :D

      Ayo Kak Aull, boleh banget sambil jalan-jalan naik TMB ya :)

      Delete
  3. Hai Syifa salam kenal ya.. Aq juga udah foto2 di alun2, tapi malem, pas CFN..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya kalau malem lebih semarak, waah... boleh dicoba juga nih 😗

      Delete

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥