Thursday, January 1, 2015

#1Day1Dream setiap hari bahagia, setiap hari sehat

Tiga hari yang lalu, aku memang sudah mempersiapkan post pertama dalam #1Day1Dream ini. Namun, setelah kemudian keesokan harinya terserang demam, tiba-tiba aku mulai berpikir bahwa ada mimpi lain yang setidaknya lebih penting dari mimpi pertamaku.

Jika ditanya apa mimpi terbesarku, aku dengan pasti menjawab; bahagia dunia akhirat dan masuk surga. Memangnya siapa yang tidak menginginkan harapan ini? Namun, karena mimpinya tidak spesifik, mari dipersempit menjadi: setiap hari bahagia dan setiap hari sehat.
Selama ini, aku bisa dikatakan jarang untuk diserang penyakit, selain karena daya tahan tubuh yang kuat karena asupan makanan yang cukup (atau mungkin berlebih), ada upaya preventif yang dilakukan seperti pemberian vaksin pada tubuh. Tapi mungkin, karena terlalu menyombongkan diri pada teman-teman kelas yang beberapa waktu lalu terserang flu secara bersamaan, tiba-tiba saja Allah “mengingatkanku” melalui caranya, giliranku sekarang terkena penyakit.

Aku kadang berpikir, sakit itu bisa datang kapan saja, terlepas dari seberapa kuat daya tahan tubuh atau upaya pencegahan lainnya. Jika Allah memang menakdirkan, siapa yang bisa melawan? Namun, aku percaya, saat sakit kedekatanku dengan-Nya rasanya jauh lebih dekat, ada waktu-waktu dimana aku bisa sejenak berhenti dari rutinitas yang melelahkan hanya untuk mengingat bahwa ada Dia yang harus lebih diperhatikan.

Aku tidak ingin sembuh. Namun pastinya, saat sehat ada banyak hal yang bisa aku lakukan daripada saat aku sakit, kan? Saat sehat, aku bisa melakukan lebih banyak aktivitas yang mungkin lebih Allah sukai daripada berdiam diri saja. Saat sehat, aku bisa melakukan banyak kegiatan bermanfaat bersama banyak orang baru daripada sekadar mengistirahatkan tubuh. Saat sehat, aku bisa melakukan hal-hal yang lebih menyenangkan daripada harus tidur saja. Dan tentunya, saat sehat aku bisa makan yang lebih enak daripada makanan yang aku makan saat sakit, hehe.

Ketika aku sehat, aku ingin lebih banyak bermanfaat untuk orang lain. Setidaknya, dengan mereka mau meminta pertolongan padaku, ada satu pencapaian baru yang berhasil aku lakukan. Saat ada orang-orang yang meminta pertolongan pada kita, itu berarti kita dipercaya bahwa kita mampu melakukannya. Dan itulah keinginanku, jika dengan sehat aku bisa membahagiakan orang lain, kenapa nggak?

Jika hidup bukan untuk berbagi kebahagiaan bersama banyak orang, aku rasa aku nggak punya tujuan hidup. Bahagia itu sederhana, punya banyak teman saja bisa dikatakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Apalagi, saat dipercaya oleh mereka untuk melakukan sesuatu, rasa bahagianya tentu akan berkali-kali lipat. Jadi, kamu-kamu semua, jangan sungkan untuk meminta bantuanku ya, selagi aku bisa dan mampu, InsyaAllah dibantu kok.

Setiap hari bahagia dan setiap hari sehat, tentu bukan mimpi yang sekadar mimpi asal ucap. Bahagia dan sehat itu dua hal yang sederhana, namun meskipun sederhana banyak orang menganggap kedua hal tersebut berharga. Malah saking berharganya, bahagia dan sehat akan dikatakan mahal saat kita nggak punya hal tersebut, iya kan?

Seperti yang pernah dikatakan Bang Oka, bahagia yang sendirian lebih menyakitkan daripada menangis sendirian. Makanya, aku nggak mau kalau aku sekadar bahagia tapi cuma aku sendiri yang merasakan. Aku ingin ketika aku bahagia, orang lain pun ikut bahagia. Kan nggak enak saat kita tertawa sendirian, sedangkan yang lain malah menunduk kesedihan. Selain bisa dikatakan gila, kita juga dianggap egois karena nggak mau berbagi.

Jadi, selagi aku masih diberi kesempatan oleh Allah untuk mencecap pagi yang baru, hari yang baru, bulan, dan tahun-tahun yang baru, aku ingin terus bahagia dan sehat. Karena dengan bahagia dan sehat, aku bisa lebih mensyukuri berbagai nikmat-Nya yang tak terhingga itu. Bismillahirrahmanirrahiim... fears and hopes. thoughts and wishes. plans and works. places and moments. foods and books. friends and loves. so many things to be grateful for. and we’ve finally come the end of the year, and to the beginning of the new one. thank you, 2014. happy new year, 2015 ^^
by.asysyifaahs♥ 

8 comments:

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥