Monday, January 5, 2015

#1Day1Dream Keliling Indonesia

Setelah kemarin mendapati berita kegiatan ASEAN-Korea Youth Square, mimpiku buat keliling dunia muncul lagi. I believe that travelling is about discovering yourself. Selain sebagai hiburan dan relaksasi, travelling juga bisa jadi cara alternatif bagi kita mengenal dunia yang lebih luas. Mau dong ya setiap dari kita tidak saja menjadi bagian dunia itu sendiri tapi juga ikut mengetahui seberapa banyak bagian dunia yang sudah kita kenal.

Travelling nggak harus berpetualang yang jauh, selagi yang dekat pun belum dijelajah, kenapa nggak yang dekat dulu, ya kan? Tapi jangan nolak juga kalau misalnya ada yang ngajak untuk pergi ke Korea, itu kesempatan, hehe.

Indonesia, sebagai anak bangsanya aku memang belum mengenal Indonesia banyak sih. Sejauh ini, aku cuma pernah ke Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Kalimantan Selatan. Sisanya? Jangan ditanya, ya pasti belum pernah lah :P Makanya, kalau nanti ada kesempatan dalam segi biaya, waktu, dan perizinan untuk travelling aku pengin menjelajah semua Indonesia kalau bisa, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote.

Destinasinya mungkin bisa dibilang umum..., bagi beberapa orang yang memang sudah kesana. Tapi, sebagai orang yang baru akan pertama kalinya ke sana, selalu menarik untuk mencoba yang pertama. Rasa eksaited-nya itu nggak bakal ngalahin rasa senangnya juga.

sumber Google

Saking sering lihat daerah Sumatera Utara dan banyaknya orang Medan yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia, aku tertarik untuk datang kesana karena mendengar sejarahnya. Batak itu unik kan ya, mau senang sedih suaranya tetap sama, kayak orang marah. Bayangin coba, kalau orang Batak marah beneran, beuuuh... langsung disemprot habis tuh!

sumber Google

Nasi Padang udah biasa, tapi kalau merasakan nasi Padang di tempat aslinya secara langsung tentu lain cerita. Selain ada jam GMT khas Indonesia alias jam Gadang, di Padang sana juga banyak tempat wisata yang belum aku tahu banyak. Hmm..., Mamaku malah mewanti-wanti biar aku punya pacar orang Padang, haha :D

sumber Google

Film Laskar Pelangi yang menjadi alasan kenapa aku ingin ke Bangka Belitung. Dulu, ketika menonton salah satu tayangan televisi, ngebayangin gimana indahnya disana walau mungkin keasriannya nggak senyaman dahulu. Tapi, who knows? Siapa tahu pemerintah sana sudah mulai peduli dengan aset daerahnya itu kan?

sumber Google

Aku tuh selalu ngerasa kalau aku sebenarnya juga punya darah Kalimantan. Yah, bukan benar-benar darah turunan dari leluhur mungkin ya, hanya karena pernah tinggal disana selama setahun, rasanya kayak aku punya ‘rumah’ sendiri. Kalimantan itu masih asli, masih banyak pepohonan hutan yang terjaga disana, beda dengan daerah Jawa yang hampir semuanya sudah bertranformasi jadi bangunan-bangunan besar. Makanya, kalau ke Kalimantan, kamu berpetualang untuk menemukan Anaconda, bisa jadi motivasi yang keren tuh!

sumber Google

Bali! Siapa yang nggak tahu Bali? Okay, everyone know Bali. Everyone in the world. Tapi, sayangnya, mereka tahu Bali sebagai Bali saja, bukan bagian dari Indonesia. Sampai Justin Bieber aja bilangnya Indonesia itu negara ant** berant** kan? Makanya, selain ke Bali sebagai liburan, kita sebagai orang Indonesia juga harusnya mengenalkan Bali sebagai provinsi dari Indonesia. Nggak mau dong, yang terkenal cuma Bali, sedangkan orang ‘buta’ tentang Indonesia sebagai negaranya? Let’s spread!

sumber Google

Sepintas, Sulawesi nggak banyak hal yang aku tahu, selain Bunaken yang menarik. Dulu, Mamah pernah cerita kalau sekolahnya pernah bakal mengadakan study tour ke sana. Wooww! Keren ya, apalagi kalau sekarang Bunaken makin cantik dan indah, siapa coba yang menolak?

sumber Google

Kalau disuruh memilih pergi, mungkin orang lebih baik pergi Haji atau jalan-jalan ke Eropa dibanding Raja Ampat. Selain karena biayanya yang cukup menguras kantong, perjalanan kesana juga membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi... buat orang-orang yang hobi dan cinta dengan kekayaan alam, tentunya akan mengeluarkan uang seberapapun kan ya, karena selalu ada hal pantas yang dibayarkan setelah datang kesana. Surga dunia!

Siapa bilang orang Jawa sudah pasti tahu Jawa semuanya? Aku adalah salah satu yang nggak, makanya boleh deh nanti jalan-jalan ke seluruh Jawa, dari daerah terbarat sampai tertimur. Aku sendiri malah belum semua travelling di Jawa Barat, ahah.

Doakan saja ya, semoga dalam beberapa tahun mendatang aku bisa menjelajah seluruh Indonesia. Kamu?

by.asysyifaahs♥

2 comments:

  1. Kamu kok ga ada nyebutin lombok sih :'). Semoga kamu besok ke Lombok, pantai"nya ga kalah sama bali.
    Folbek blog dong :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya... Lombok. Di sana ada Gili Trawangan kan? Lupa xD

      Delete

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥