Wednesday, January 21, 2015

#1Day1Dream Adesiana, about 20 Books a Year

Ini hari terakhir libur belajar di rumah karena kegiatan TO kelas 12. Huft... rasanya masih sama aja sih, malas mendera, bingung mau ngapain, tapi aku rasa mau nggak mau ini harus dilakukan. Yap, #1Day1Dream udah memasuki hari ke-21. Bingung juga harus menceritakan mimpi punya siapa, semua orang punya mimpi yang keren sih. Jadi, aku pilih mimpi Kak Arifinda Desiana Putri yang baru saja di-post kemarin.

Sumber Reading Room


Kalau para blogger yang hobi review buku, ataupun yang suka baca buku pasti heran kenapa sih sedikit banget? Ini mimpi loh. Gue aja yang ngereview bisa sampe 50an setahun. Ada gak yang komentar gitu?

Boleh menanggapi hal ini nggak? Hehe, sebagai seorang personal blogger sekaligus book blogger aku nggak berpikir gitu kok untuk Kak Desi. Tahun lalu aku juga menargetkan diri untuk baca 30 buku, dan Alhamdulillah sedikit melampaui walau dengan ngos-ngosan capeknya. Aku masih kalah dibanding book blogger yang lain, salah satunya coba tengok punyanya Mbak Luckty si Pustakawin yang bahkan bisa baca (sekaligus review) 222 buku. Nah lho, gimana tuh?

Sumber disini
Nah, kenapa cuma 20? Pertama karena aku kurang suka baca buku, kecuali buku itu emang hits banget baru aku mau baca. Atau karena aku emang lagi senggang, aku pun lupa sejak kapan minat sama baca buku hilang. Kedua, karena aku beli, bukan pinjem atau baca online. Target ini adalah target buku yang dibeli, bukan buku yang dibaca. Ketiga, karena ini buku. Tadinya aku mau nulis bacaan, jadi bisa masuk komik atau majalah-majalah. Karena sebenernya aku lebih tertarik sama majalah sekarang ini.

Yep, nggak ada yang salah kalau Kak Desi punya target 20 buku dalam setahun. Semua punya proses kok, nggak serta-merta instan begitu saja. Apalagi mengingat aku sendiri juga punya tugas utama, yakni sebagai seorang pelajar yang pastinya baca buku pelajaran bakal lebih banyak dibanding baca novel. Jadi, kalau membaca buku di tengah kesibukan sebagai pelajar atau mahasiswa, menurutku itu sudah keren. Karena apa? Karena artinya kita bisa bagi waktu untuk itu. Beda dong, sama Mbak Luckty yang memang kerjanya sebagai pustakawan, jadi nggak heran kalau jumlah bacaannya selalu banyak. Hohoh...

Tahun ini aku punya target baca 50 buku. Tapi, kalau dilihat kegiatanku akhir-akhir ini, aku sangsi kalau akhir tahun ini bisa menyelesaikannya dengan sukses. Iyalah, kerjaannya males-malesan mulu, nonton drama Korea yang di-rewatch terus-terusan. Hih, malu-maluin ya!

Tapi, karena tergabung dengan sebuah komunitas pecinta buku, menurutku aku punya ‘tanggung jawab’ yang nggak bisa diabaikan begitu saja. Aku harus melaksanakan kewajibanku dalam membaca. Jadi..., mau nggak mau, ya aku harus baca. Ini bukan paksaan, lebih kepada... hei! gue udah janji sama diri sendiri kalau gue harus baca lebih banyak buku tahun ini. Masa nggak bisa sih?

Sumber Reading Room

Ah ya, buat Kak Desi, sedikit saranku—yang apalah aku ini, belum se-berpengalaman orang lain—untuk target bacaan Kakak, ada satu tips yang mungkin cocok kalau diterapkan dalam kegiatan rutinitas. Aku pernah diberitahu kalau sebenarnya kita bisa baca 1 Buku 1 Minggu. Mungkin, kenanya buat Kak Desi, 1 Buku 2 Minggu. Gimana caranya?

Sebenarnya nggak ada cara khusus. Tapi, kita bisa membagi buku menjadi beberapa bagian. Gini deh, kalau misalkan dalam satu buku ada sekitar 300 buku (atau 200-an), maka coba bagi menjadi 6 bagian. Artinya, satu bagian tersebut (sekitar 50 halaman) kita baca masing-masing satu hari. Nah, dalam sehari itu nggak usah memaksakan diri one-sit-reading, tapi coba atur kembali 50 halaman itu menjadi beberapa sub-bagian, misalkan dibagi menjadi 5 yang artinya ada 10 halaman yang mungkin bisa dibaca setelah selesai melaksanakan shalat *eh, harusnya baca Al-Qur’an ya, haha /digeplak/*. Yakin deh, kalau bisa diatur demikian, dalam setahun Kak Desi bisa baca 20 buku atau bahkan lebih. Ini sedikit tips dariku, Kak Desi boleh mengadopsinya dan disesuaikan sendiri dengan kegiatan yang biasa Kakak lakukan.

Semangat ya, kalau akhir tahun nanti Kakak bisa menyelesaikan target bacaan ini, psst... kasih tahu aku ya ;)
by.asysyifaahs♥

2 comments:

  1. HAAAAI ASYIFAAA TERIMA KASIIIH HAHAHA :)) entar ah aku bikin label "Ngejawab #1Day1Dream" :p terima kasih sarannya ya :D

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥