Saturday, August 9, 2014

Pendapat Tentang Boyband

Beberapa hari yang lalu, aku nggak sengaja terantuk di salah satu blog milik seseorang *iyalah, masa seekor, plis Syif -____-*. Niatnya sih hanya ingin blogwalking, tapi tak dinyana malah dapat hal lain, apalagi kalau bukan tantangan giveaway berhadiah. Yah, mau nggak mau, alam bawah sadarku langsung mengiyakan saja untuk mengikutinya, walau di hari itu aku nggak langsung melaksanakan syarat dan ketentuan yang ditulis sang pemilik blog yang bernama Rian tersebut, eh Kak Rian maksudnya *Asyifa sopan kan ya?*

Nah, barulah beberapa hari kemudian, mendekati tenggat waktu yang sudah ditentukan, aku baru mulai menulis. Maklumlah, Syifa kan sudah menjadi anak sekolah lagi, kakak kelas pula, duh rasanya bangga sekaligus merasa cool-eheu, xoxo.

#Giveaway3Thn

Jadi, pada intinya kita diminta untuk menulis ulang (dari sudut pandang kita sendiri) terhadap blog post yang sudah ada di blog yang beralamat di http://rhyantd.wordpress.com/ tersebut. Yang pasti bukan asal jiplak alias tinggal copy and paste ya, tapi semacam memberikan ulasan tersendiri terhadap pemikiran apa yang sudah ditulis oleh Kak Rian tersebut. Cukup mudah kan? Malah menurutku kelewat mudah *halah, songong pisan*

Nah, dari sekian banyaknya blog post yang ada, aku mulai bingung dengan dua pilihan, yakni postingan berjudul 9 Hal yang Membuat Wanita Cepat Jatuh Cinta dan postingan berjudul Pendapat Tentang Boyband. Yang pasti bukan postingan Pembahasan Soal Fisika SMA (Marthen Kanginan) ya, aku sudah lebih dari cukup puas menerima ini di sekolah saja, nggak usah susah-susah menambahkannya lewat blog, oke? Ya walau aku tahu, Kak Rian menuliskannya demi keberlangsungan para siswa-siswi SMA, mungkin aja kan disana ada kunci jawaban yang (mungkin lagi) sangat amat berguna, suatu saat nanti (dan itu entah kapan, ups).

Baiklah, karena terlalu lama menulis dengan pembukaan yang amat-sangat panjang (menurutku, dan mungkin juga menurut kamu wahai pembaca setia), yuk langsung ulas saja postingan dengan judul Pendapat Tentang Boyband. Hm, aku penasaran bagaimana celoteh Kak Rian soal fenomena boyband yang beberapa waktu lalu (atau mungkin juga masih bertahan sampai sekarang), kamu penasaran? Caw barudak!

슈퍼주니어

***

Singkat cerita dari blog post tersebut, bisa dikatakan kalau Kak Rian ini adalah salah satu korban dari maraknya Hallyu, alias fenomena budaya Korea yang dalam beberapa tahun terakhir ini menggemparkan banyak negara, termasuk Indonesia salah satunya. Bukti bahwa Kak Rian menjadi ‘korban Hallyu’ adalah bahwa ternyata dia ini adalah salah satu penggemar dari boyband kenamaan Korea, apalagi kalau bukan Super Junior. Semua itu berawal semenjak negara api menyerang ketika kakaknya mengunduh salah satu lagu terpopuler dari boyband tersebut, yakni Mr. Simple. Tahu lagunya kan? Ah masa sih nggak tahu *kelewatan kalau nggak tahu, ditinggal peradaban sekali wahai kalian*

Uri Super Junior

Tapi menariknya, saya dan kakak saya langsung terpana melihat mereka. Terpana dengan menyampaikan keindahan lagunya dengan cara yang lain, yaitu melalui dance mereka yang sangat nyaman di mata.

Nah, apa yang membuat Kak Rian menyukai Super Junior ini menurutku bisa dikatakan umum, dia suka dance-nya. Kalau boleh dibilang, aku juga begitu kok, walau nggak begitu terlalu suka banget dengan dunia per-boyband-an, tapi kalau lihat video Sorry Sorry dari Super Junior, rasanya greget, apalagi sama Siwon Oppa *eh.

Kak Rian juga tidak semudah itu menyukai semua lagu-lagu berbau boyband Korea, menurutnya dia hanya menyukai sebuah lagu dan videonya dari nuansa dance yang menurutnya dia suka. Cukup subjektif, dan it’s not something problem, right?

Ah iya, secara harfiah, boyband merupakan sejenis kelompok musik pop atau R&B yang terdiri dari beberapa anggota, semua penyanyinya laki-laki muda yang menyanyi sekaligus menari secara bersamaan. Nah, kalau perempuan disebutnya girlband, ya? Jangan kebalik!

1. Apa pendapat kalian mengenai boyband?
Sebelum bahas jawaban Kak Rian, boleh ya aku juga ikut berpendapat? Arraseo? Geudae! Kalau menurut aku sendiri, boyband itu semacam salah satu pelaku seni dalam dunia permusikan di tiap negara di dunia. Boyband itu nggak alay kok, misalnya Westlife, salah satu boyband Barat yang buktinya malah disukai banyak orang, bahkan sampai saat ini—termasuk aku dan Mamahku, hehe. Seingatku, fenomena boyband ini entah bermula darimana, tapi banyak yang menganggap bahwa Korea Selatan adalah the bestest negara yang banyak memunculkan boyband-boyband famous di jagad raya ini *hiperbola banget sih Syif!*

Sementara itu, kalau celoteh Kak Rian sendiri mengatakan kalau mungkin kebanyakkan orang berpikir (for the first time) boyband itu identik dengan sifat alay. Tapi, menurutnya boyband itu ada yang baik dan ada pula yang buruk.

Omo~
Ketika kita berpendapat tentang sebuah boyband, saya bisa kasih sangat baik ketika mereka bisa membuat sebuah music yang mereka rangkai bisa kita terima dengan baik. Apakah itu baik didengar, ataupun bisa menghipnotis kita supaya bisa memuji boyband itu sendiri. Saya menyukai sebuah boyband tidak asal suka, tapi melihat apa yang identik dengan boyband itu sendiri. Bukan hanya ketampanan, tapi kualitas mereka yang bisa menghipnotis para penggemarnya.

Ah iya, Kak Rian ini juga menyukai boyband (terutama Super Junior) selain dari kualitas musik dan tarian yang mereka bawakan, ternyata dia juga mengagumi akan behind the scene dari debut masing-masing anggotanya. Salah satunya adalah Lee Donghaeleader Super Junior—yang ternyata punya kisah ‘cukup mengharukan’ dalam kisahnya menjadi anggota boyband. Aku baru tahu, lho.

2. Apakah boleh seorang pria mengidolakan boyband?
Ehem, pertanyaan yang menurutku cukup intens untuk dibahas, salah-salah bisa digebuk massal nih, hoho. Kalau menurut aku sendiri sih—sebagai seorang remaja perempuan ya—it’s not my life, it’s not my purpose of my existence, so what’s wrong and what’s the matter? Nggak usah banyak dipikir lah ya, semua orang bebas mengekspresikan rasa sukanya terhadap hal apapun, kepada siapapun, dan dimanapun, selagi itu wajar dan masih dalam batas norma-norma kehidupan yang berlaku di masyarakat *tssaaah*, why not? Memangnya ada larangan bahwa seseorang (khususnya laki-laki) menyukai boyband, nggak ada kan?

Eits tunggu dulu, kata suka inilah yang membuat orang banyak salah arti. Jangan terlalu salah dengan arti suka, sayang, dan cinta, semua mempunyai level masing-masing dan suka itu hanya sebatas memuji dan paling rendah levelnya dari sayang dan cinta.

Jadi menurut saya, seseorang bisa mengidolakan boyband karena ia menyukai sesuatu dari yang ia idolakan. Jangan pernah salah artikan rasa suka, sayang, dan cinta. Saya mengidolakan masih sebatas suka bukan sayang apalagi cinta. Seorang perempuan saja bisa mengidolakan perempuan, terlebih laki-laki. Kenapa laki-laki tidak bisa mengidolakan laki-laki (itu logikanya).

3. Kalau gitu, apa pendapatmu dengan orang-orang yang meniru gaya dari boyband mulai dari pakaian hingga aksesoris?

Korean style, right?

Nah, kalau Syifa sih sependapat-seiya-sekata *cielah, berasa apa gitu* sama celoteh Kak Rian, baik-baik saja selama semua itu berada di jalur yang sebenarnya, karena semua orang punya hak dan privasi masing-masing. Memangnya kenapa sih dengan tiruan-tiruan itu, toh yang memakai kan orang lain, kenapa kamu yang musti ribet? Yang pakainya aja nggak ribet, kok kamu mau-maunya sih sibuk meribetkan sesuatu yang padahal jelas-jelas dan memang sudah jelas penting-nggak-penting itu? *sinis banget sih Syif ._.*

4. Apa pandangan kamu tentang boyband Indonesia?

Salah satu contoh paling mudah lah ya :D
Kalau boleh jujur, Syifa sendiri sih belum terlalu begitu mengapresiasi dengan besar boyband-boyband Indonesia. Karena apa? Karena kalau boleh dikata and to be honest banyak diantaranya yang belum benar-benar memaknai boyband sebagai sebuah ‘seni’. Banyak di antara boyband (termasuk girlband juga ya) yang tidak mengedepankan sebuah arti kualitas dan kuantitas seni boyband/girlband itu sendiri *memang seninya seperti apa, aku juga nggak tahu, halah*, salah satu dari sekian banyaknya yang cukup mengecewakan adalah lipsync, hm... I know it’s so hard (very, maybe) to singing with dancing together, but... you know, this is the part when you very appreciate music, people, and the world, of course *belepotan nggak sih bahasa Inggrisnya?*

Nah, begitulah sedikit padahal banyak pendapatku yang juga menjadi ulasan dari blog post Kak Rian berjudul Pendapat Tentang Boyband ini. Tapi, walau bagaimanapun, aku sih lebih suka jadi penggemar drama Korea, drama itu lebih asyik, seru, dan menyenangkan (menurut aku ya). Ya walau belum begitu banyak K-drama yang aku tonton, mungkin bisa dihitung pakai jari, tapi aku menikmati waktu luangku untuk sekadar menatap layar laptop dan dengan santainya menyaksikan pemain-pemain drama itu melaksanakan tugasnya sebagai aktor dan aktris.

Anyway, walaupun begitu, aku juga cukup suka sih sama boyband Korea *teteup*, ralat, salah satu anggota boyband Korea. Who’s he? Yes, his name is Im Seu Ong, alias @2AMONG, salah satu personil terganteng, tertampan, terunyu, pokoknya ter-the bestest ever personil boyband 2AM. Aku suka dia karena perannya di drama Hotel King, hehe, eh tapi You’re All Surrounded itu drama komedi Lee Seunggi yang penuh action dan romance juga lho. Eh, kok malah jadi bahas drama ya? Haha, pokoknya aku sih saran aja ya, kalau seandainya Kak Rian belum menemukan lagi video atau lagu terbaru dari boyband idola, boleh lah sekali-kali mencoba K-drama-nya, dijamin kecanduan, hihi.

OMG, his smile, oh no, so breathaway~

Eh, mungkin cerita ini agak (bukan agak lagi, tapi memang) kepanjangan, bahkan bisa dikata ini semacam review postingan ya, tapi aku tahu Kak Rian pintar membedakan antara menuliskan ulang (ditambah ulasan sekaligus pendapat) dengan review blog. O iya, beberapa kalimat dan gambar aku kutip sedikit ya dari postingan aslinya, dengan beberapa perubahan kecil untuk mengoreksi akan kata dan kalimatnya, pesanku sih semoga Kak Rian nggak banyak typo ya dalam blog post-nya, hehe. Arraseo, Rian Oppa? Ne! Annyeonghamnida, bye~

http://rhyantd.wordpress.com/giveaway3thn/

by.asysyifaahs♥

2 comments:

  1. Wah saya sih ga terlalu ngikutin boyband. Tapi tetap mengapresiasi mereka. Kalau untuk yg disuka sih paling sama Minho SHINee sama Nickhun 2PM. Bisa dibilang bias lah.
    Lebih doyan girlband sih.

    ReplyDelete
  2. Aku juga, ngapain diikutin, nggak dapat uang ini? Wkwkwk... Ah, SHINee, 2PM itu pasangannya 2AM sih ya, jadi si @2AMONG tetep kece lah :D

    Haha, begitulah adanya~

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥