Tuesday, July 1, 2014

Ramadhan's Daily 3: Berdoa, Yuk!

Bismillahirrahmanirrahim...

Assalammu'alaikum.
Hari ketiga, bagaimana puasanya? Saling mengingatkan yuk untuk kebaikan, shalat wajib, shalat sunah, tadarus, dan lainnya udah dijalankan belum? Eh, tumben ya bulan puasa ini Syifa agak kurang aktif lagi ikutan kuis. Kalau bercermin di tahun lalu, tiap buka puasa sama sahur selalu setia menunggu di timeline beberapa akun tertentu, tapi kalau sekarang sih... ya begitulah~


Make Dua’s. Doa itu dialog kita sama Allah, semakin sering berdoa, semakin besar pula kesempatan kita untuk bertemu dengan-Nya di akhirat nanti. InsyaAllah.... Teman-teman pernah baca suatu hadist tentang waktu-waktu dikabulkannya doa (baca disini). Ehem, tapi sih, kalau menurut Syifa, selain dari waktu-waktu ‘baik’ tadi, kapanpun saja kita bisa berdoa, asal yakin Allah akan mengabulkannya. InsyaAllah

Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (Q.S. Ghafir: 60)
Loads (4x) of Dua’s. Ingat juga hadist berikut ini.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,.

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلَّا أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ: إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ، وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ، وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنْ السُّوءِ مِثْلَهَا. قَالُوا: إِذًا نُكْثِرُ قَالَ: اللَّهُ أَكْثَرُ
 
'Tiada seorang Muslim yang berdo’a kepada Allah dengan do’a yang di dalamnya tiada dosa atau pemutusan silaturrahim melainkan dia akan diberi Allah karena do’anya itu satu di antara tiga hal: disegerakan do’anya, ditabung untuknya di akhirat, atau disingkirkan keburukan dari dirinya.' Para shahabat berkata, ‘Jadi kita memperbanyaknya [doa].’ Beliau menjawab, ‘Allah [memiliki] lebih banyak.’” (HR. Ahmad (3/18). Hadits ini Hasan)[]

Dari banyak doa, tentu nggak semua dikabulkan secara langsung saat itu juga. Kadang, kita perlu bersabar lebih lagi untuk menunggu terkabulnya doa itu sendiri. Terus, coba renungkan lagi, kalau misalnya dalam sekian lama doanya belum terkabul juga, mungkin ada yang salah sama diri kita, bisa aja kan kita punya kesalahan yang belum kita perbaiki?

Seperti pengalaman Syifa, *ini sesi curhat* dulu juga sering banget berdoa selepas shalat wajib sama Allah, berharap di semester pertama kelas 10 kemarin, bisa meraih peringkat terbaik di kelas. Tapi kenyataannya, Allah belum mengabulkan permintaan Syifa itu, harus puas dulu untuk menduduki peringkat 2 di kelas sekaligus Juara Umum 2 untuk kelas X MIIA. Ada yang salah saat itu, mungkin aja kan Syifa banyak dosa sama orang-orang terdekat? Dan itu benar, hehe. Namun, yang lebih baiknya lagi, saat aku terus berdoa sama Allah, Alhamdulillah semester 2 Syifa bisa mendapatkan apa yang menjadi isi doa kala itu, meningkat di Peringkat 1 di kelas dan juga Juara Umum. Alhamdulillah ya...

Bukan bermaksud tinggi hati, tapi setidaknya Syifa menyatakan sendiri bahwa ini lho bukti kekuatan doa dan kesabaran kita menunggu terkabulnya doa itu. InsyaAllah, kalau kita yakin, Allah pasti ridha, Allah pasti mengabulkan doa dan pengharapan baik kita. InsyaAllah :)

by.asysyifaahs♥

No comments:

Post a Comment

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥