Tuesday, July 15, 2014

Ramadhan's Daily 17: Udah Sabar Belum?

Bismillahirrahmanirrahim...

Assalammu'alaikum. Selamat sahur teman-teman, selamat menjalankan ibadah puasa di hari ke-17 Ramadhan ya. Eh, karena kebetulan di hari Selasa ini juga sudah ada yang masuk sekolah, happy back to school^^. Tapi biasanya, nggak langsung belajar kan? Masih ada MOS buat junior baru, belum lagi kalau pembagian kelas, dan tentunya pembagian mata pelajaran baru. Pokoknya, nikmati saja hari sekolah di Ramadhan ini, hehe.

Berkenaan dengan sekolah, pasti selalu ada aja masalah yang nggak jauh-jauh dari hal itu. Mulai dari masalah sama pelajaran, masalah sama temen sekolah, masalah sama guru, atau mungkin masalah sama sekolah kamu. Pernah merasakan? Pasti pernah, ya namanya juga orang hidup pasti selalu ada masalah, betul? Eh, tapi, nggak hanya sekolah aja lho, mungkin teman-teman yang sudah kuliah, atau bekerja, atau mungkin berkeluarga, juga pasti selalu ada masalah. Masalahnya juga bisa ringan, sedang, sampai yang beratnya nggak ketulungan, hehe. Tapi, kalau masalah itu kebetulan datang pas Ramadhan dan pas lagi puasa, gimana ya?


Practice Patience. Masih ingat dengan pepatah, “sabar itu ada batasnya”? Tentu dong ya, tapi apakah kalimat itu bisa dibilang pepatah? Hm, kalau ditinjau dari kalimatnya sendiri, mungkin bisa jadi kalimat itu ada benarnya. Tapi, pernahkah teman-teman berpikir kalau secara makna, kalimat itu agak diragukan. Kenapa ya? Menurut guru Syifa waktu kelas 9, sebenarnya kalimat itu bisa dibilang salah. Sabar itu nggak ada batasnya lho... kalau memang ada batasnya, sampai sejauh mana ‘batas’ itu? Sampai kita benar-benar nggak tahan untuk mengeluarkan rasa marah kita? Nah, inilah yang salah, kita nggak pernah tahu batas kesabaran karena sabar memang nggak ada batasnya.

Yang bisa kita lakukan hanyalah mencoba dan belajar bersabar, sabar aja, sabar lagi, sabar terus. Yakin deh, saat kita berlatih untuk sabar itu, kita akan setuju bahwa sabar memang nggak ada batasnya alias unlimited. Menurut guru Syifa juga, sabar itu ada waktunya. Yap, kita harus tahu waktu kapan kita harus bersabar. Jangan ‘semuanya’ disabarin, eits... maksudnya saat kita ditimpa musibah, sabarlah. Saat menghadapi masalah, sabarlah. Tapi jangan pas kehilangan mobil, sabar. Pas dirampok maling, sabar. Pas pacarnya direbut orang, sabar *eh. Kalau yang ini, kita boleh sabar, asal berikhtiar juga untuk menemukan solusinya. Jadi, puasa juga harus sabar ya menunggu adzan Maghrib :D


by.asysyifaahs♥

15 comments:

  1. sebenernya sabar itu gak ada batesnya itu yg diajarin nabi Muhammad. tp mungkin kita sebagai manusia biasa masih belajar utk bersabar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, sabar memang tak berbatas. Yap, selamat belajar :)

      Delete
  2. Tapi sabar itu sulit loh. makanya butuh dibiasakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena yang sulit itu butuh perjuangan untuk menjadi kebiasaan :D

      Delete
  3. susah banget buat sabar kalo menurutku :| tapi sekarang lagi belajar sabar, ga emosian kayak dulu~~ soalnya aku anaknya emang emosian gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, kalau aku sih masih labil, tapi sekarang lebih banyak diem. Eh, kita samaan tanggal lahir dan samaan sifat emosinya ya :D

      Delete
  4. Waaaah ini rutin posting setiap hari :O ? Keren! Semoga konsisten sampe akhir hehehe

    Salam kenal, Ijal Fauzi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya, coba-coba aja dulu. Amin... Makasih :D

      Delete
  5. Wah, ngeposting setiap hari selama Ramadhan. Keren! Ah, gak kayak gue. Hanya sebatas niat aja. :(
    Yuk, mari melatih sabar kita. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih makasih. Yuk, niatnya diusahain, seminggu dua kali misalnya :D

      Delete
  6. Ikutan nimbrung dikunjungan perdana :)

    ReplyDelete
  7. mencoba bersabar dalam menghadapi suatu masalah itu susah :'(

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥