Monday, June 30, 2014

Ramadhan's Daily 2: Read or Listen Al-Qur'an

Bismillahirrahmanirrahim...

Assalammu'alaikum. Hari kedua, gimana masih semangat jalanin puasanya? Tentu harus dong ya, kan biar pahalanya dilipatgandakan sama Allah. Amin...

Di 2 Ramadhan ini, sudah menjalankan apa saja? Shalat wajibnya udah tepat waktu belum? Tambah shalat sunah rawatib juga nggak tuh? Eh, tadarus Al-Qur’an-nya udah sampai mana? Selain itu, udah ngapain aja? Jangan dijawab dengan tidur sampai Maghrib buat nungguin buka puasa ya, qiqi.

Ramadhan kali ini, Syifa nargetin diri sendiri untuk khatam Al-Qur’an dalam sebulan. Kalau lihat dua tahun ke belakang, niat yang satu ini agak susah terpenuhi. Soalnya, selalu ada halangan, apalagi bagi perempuan yang biasa kedatangan tamu bulanan. Duuuh, kadang suka sedih ya, harapannya sih Satu Hari Satu Juz, tapi kalau misalnya bolong 7 hari, berarti harus ngerapel 7 juz dong, belum lagi kalau Ramadhan-nya bolong dua periode, biasanya antara awal sama akhir. Pernah mengalami yang gitu (untuk yang perempuan)?

Nah, untuk tahun ini, Syifa nggak mau gitu lagi ah. Jadinya, sehari paling nggak tamat 2 juz, atau sedikitnya 1,5 juz. Agak memaksakan memang, dan memang harus dipaksakan sih, karena kalau nggak, bisa aja malas buat tadarus Al-Qur’an. Iya kan? *karena motivasi ‘terpaksa’ itu sebenarnya baik kok*



Al-Qur’an is Your Bestest Friend. Siapa yang ingat salah satu hadist berikut, yang menyatakan bahwa di hari Kiamat nanti, Al-Qur’an akan menjadi penolong (syafa’at) bagi mereka yang rajin membacanya. 

“Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya Al-Qur’an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafa’at bagi orang yang membacanya.”

Siapa nih yang di akhirat kelak pengin dibantu dengan pahala kita ketika membaca Al-Qur’an semasa di dunia? Ngacung! Pasti semua mau dong, nggak sulit kok mendapatkannya. Baca blog post Syifa aja bisa, masa baca Al-Qur’an nggak bisa? Hehe...

Recite or Listen to the Fullest. Ada banyak cara bagi kita untuk lebih dekat dengan Al-Qur’an. Selain membaca, kita juga bisa mendengarkan Al-Qur’an. Caranya? Pasang MP3 ayat-ayat Al-Qur’an, terserah deh mau di handphone, iPod, laptop, ataupun cari siaran radio yang putar ayat-ayat Al-Qur’an.

Tapi masalahnya, ini boleh nggak sih? Nah, satu pembelajaran baru lagi buat kita semua (termasuk Syifa), mendengarkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan cara seperti mendengarkan musik (kaset murattal) sah-sah aja kok, malah biasanya kita suka lebih merasa nyaman dan mudah menghafal kan kalau dengan cara ini. Ya, anggaplah seperti mendengarkan musik yang biasa kita dengar. Tapi selalu diingat, jangan hanya mendengarkan, tapi juga sekaligus disimak.

Coba dulu deh, untuk satu bulan ke depan, playlist lagu-lagu lain dipindahkan dulu, ganti dengan ayat-ayat murattal Al-Qur’an. InsyaAllah, Syifa juga lagi pindahin dulu playlist lagu-lagunya Tulus, Raisa, Maudy Ayunda, dan teman-temannya untuk diganti sementara dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Paling nggak, hal ini bisa efektif juga kalau seandainya perempuan berhalangan dan nggak bisa baca Al-Qur’an untuk sementara waktu. Asal... jangan melulu dengerin MP3 player ya, ya sama aja bohong kalau kita nggak ‘baca’ Al-Qur’an-nya, hehe.

by.asysyifaahs♥ 

2 comments:

  1. Hallo Syifa :)
    Sukses ya puasanya! Semoga semua yg kamu targetin itu bisa tercapai, semangaaaat! :))\
    Btw, kamu dapet Liebster Award dari aku, hehe. Cek disini yaa : http://sarahyeareve.blogspot.com/2014/06/ini-punyaku-mana-punyamu-liebster-award.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aw, kena lagi? Haha, makasih Kak, nanti dipost ya ;)

      Delete

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥