Monday, June 30, 2014

Ramadhan's Daily 1: Assalammu'alaikum Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim...

Assalammu'alaikum. Alhamdulillah memasuki hari pertama di bulan Ramadhan. Bagaimana puasa pertamanya? Mulai kerasa kruyuk-kruyuk karena lapar nggak tuh? Semoga kuat sampai adzan Maghrib ya, mesti kuat dong malu-maluin soalnya kalau anak segede aku batal puasa.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, Ramadhan kali ini Syifa mau belajar mengisi Buku Ramadhan lagi, tapi versinya ditulis di blog. Buat teman-teman yang mau ikut barengan Syifa juga boleh lho, hayuk aja!

Dulu, biasanya di lembar pertama di Kajian Ramadhan, isinya hampir sama dari tahun ke tahun, mengenai pengertian puasa. Nah, sekarang kita belajar lagi yuk arti puasa itu apa, mungkin aja kan banyak di antara kita yang sering berpuasa tapi belum paham makna dari artinya :)

Puasa secara bahasa artinya menahan. Sedangkan menurut istilah, puasa adalah menahan diri dari makan, minum dan semua perkara yang membatalkan puasa sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari, dengan syarat-syarat tertentu.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa." (Q.S. Al-Baqarah: 183)

Dalam Ramadhan’s Daily, Syifa nggak akan bahas teori ah, kecuali sedikit, takutnya malah disebut menggurui dan memang belum pantas. Jadi, anggaplah Ramadhan’s Daily itu semacam curahan hati dalam menjalani bulan Ramadhan ini, yayayaya...


Set A Mission. Mulai rencanakan yuk kegiatan-kegiatan yang bakal kita jalanin di bulan Ramadhan ini. Nggak harus banyak-banyak, yang penting kita sanggup jalaninnya. Dibiasakan dari shalat wajib tepat waktu, tambah shalat sunah rawatib makin bagus, setelahnya tadarus Al-Qur’an, terus bantu-bantu orangtua di rumah, atau melakukan hal lain yang lebih bermanfaat. Nggak usah yang sulit dulu, asal niatnya baik, InsyaAllah Allah meridhai :D

Try To Commit. Cobalah berkomitmen terhadap apa yang telah kita rencanakan tadi. Berusaha sebaik mungkin menjalankan apa yang akan kita lakukan di Ramadhan kali ini. Pastinya, teman-teman nggak mau dong Ramadhan dari tahun ke tahun rasanya gitu-gitu aja, nggak ada perkembangan yang meningkat tiap tahunnya. Sayang lho kalau Ramadhan ini diisi dengan malas-malasan, jadi yuk coba satu per satu kegiatan agamis. Like I said before, nggak usah yang sulit, yang mudah tapi kalau rutin, InsyaAllah akan jadi kebiasaan. Jadi, istiqamah ya!

Till The End of Ramadhan. Kalau yang ini sih, sebenarnya masih amat-sangat-lama, eh nggak deng, kecuali kita menanti Ramadhan seolah-olah bergulir aja. Jangan pikirin lebaran dulu, masih ada 29 hari lainnya. Nggak usah pikiran baju baru, opor ayam, ketupat, apalagi salam tempel, itu masih lama lho. Ingat juga bahwa setelah berakhir Ramadhan, bukan berarti kegiatan positif yang sudah kita lakukan juga berakhir. Pokoknya, jalani aja hari-hari pertama Ramadhan ini :D

by.asysyifaahs♥

No comments:

Post a Comment

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥