Sunday, February 16, 2014

Sehat dengan Sarapan

Source : here
Kamu sering dengar dengan istilah gizi seimbang? Atau mungkin... slogan empat sehat lima sempurna? Hmm... Kayaknya istilah itu udah nggak asing lagi deh di telinga kita. Kamu juga pastinya tahu dong kalau dengan gizi seimbang tersebut dapat mendukung segala aktivitas yang kita jalankan selama seharian. Tapi masalahnya adalah, gizi seimbang yang seperti apa sih yang kita butuhkan itu?

Gizi seimbang itu bisa diartikan sebagai berbagai makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh jasmani kita sebagai kebutuhan utama. Nah makanya, memilih makanan sehat itu nggak hanya berdasarkan pada makanan empat sehat lima sempurna aja, tapi juga harus diperhatikan cara pengolahannya, mulai dari cara memasaknya, kebersihannya, jumlah porsinya, keteraturan mengonsumsinya, dan nggak lupa, doa yang diucapkan sebelum makanan itu disantap.

Walaupun asal makanan itu sehat, tapi kalau cara masaknya yang salah, dan kebersihannya nggak dijaga, ya kandungan gizi yang didapatnya juga bakal hilang. Bahkan bisa jadi, makanan tersebut malah jadi sumber penyakit bagi tubuh kita. Iihhhhh, ngeri!!

Nah, khusus buat kamu nih, apalagi pelajar, jangan lupa untuk menyempatkan sarapan meski hanya dengan sereal atau roti selai. Kenapa? Karena ini penting banget, soalnya dengan sarapan, konsentrasi kita dalam menerima materi pelajaran akan mudah diterima. Walaupun ada yang lagi dalam program diet, jangan sampai deh melewatkan sarapan hanya gara-gara takut gendut. Nggak kok, sarapan malah jadi stamina kamu. Kalau kamu nggak sarapan, bukan dietnya yang lancar, yang ada malah jadi pingsan deh.

Lantas, ada nggak sih cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tubuh sehat melalui sarapan? Tentu ada dong, diantaranya :

1. Perhitungkan Warna Makanan

Kebanyakkan orang lebih mementingkan jumlah kalori yang ada dalam makanan. Padahal, warna makanan juga perlu diperhatikan layak atau nggaknya. Contohnya sayuran, kita harus bisa pilih mana yang masih segar dan mulai layu, karena biasanya yang mulai layu itu kurang bagus buat kesehatan.

2. Perbanyak Serat Saat Sarapan

Serat yang dimakan saat sarapan ini bisa bikin perut kita kenyang sampai waktu makan siang tiba. Jadinya nggak bikin cepat lapar, dan tentunya uang jajan lebih hemat. Hehe...

3. Makanan Penunda Lapar

Bukan, bukan O**y Jelly Drink itu, tapi makanan penunda lapar yang dimaksud semacam buah-buahan, kayak apel, jeruk, dan buah-buahan lainnya yang bisa bikin kita menahan lapar untuk makan karbohidrat.

4. Kontrol Diri

Ini juga nggak kalah penting, selain jenis makanan yang kita makan, kita sendirilah yang harus pintar mengaturnya, mengatur waktu dalam mengonsumsi makan-makanan tersebut.

Nah terus, sarapan juga nggak bisa disepelekan, karena dengan sarapan lah ujung tombak energi kita untuk menjalani semua aktivitas di keseluruhan hari. Ada juga nih jenis-jenis makanan yang bisa kita makan sebagai bentuk sayang kita sama tubuh kita, yakni :

• Nasi, karena kebanyakkan orang Indonesia lebih mengenal nasi sebagai karbohidrat utama. Dan bisa dibikin berbagai olahan, kayak nasi goreng, nasi uduk, nasi pecel, dan nasi-nasi lainnya.
• Roti, bahan dasarnya yang gandum inilah yang bikin roti mudah terurai dalam tubuh dan bikin kita nggak cepat lapar dan makan lagi.
• Telur atau sosis, keduanya tinggi akan protein dan bagus dimakan dengan karbohidrat (nasi atau kentang). Selain mengandung protein tinggi, lemak jenuh dan sodium, sosis juga baik saat dimakan bersamaan dengan putih telur.
• Buah-buahan segar, buah kaya akan vitamin yang baik bagi nutrisi tubuh kita. Dan bakal lebih baik lagi, kalau kamu bikin olahan buah-buahan hasil sendiri, biar lebih sehat.
• Sereal, ini nih makanan siap saji yang cepat, mudah, dan enak. Sereal ini sumber kalsium yang baik dengan disertai sejumlah nutrisi penting lainnya seperti serat, zat besi, protein, dan juga karbohidrat.
Source : here
Apa yang kita konsumsi akan menjadi bagian dari diri kita. Perhatikanlah setiap makanan yang kita konsumsi, apakah akan menimbulkan manfaat atau malah jadi maksiat. Pandai memilah dan memilih apa yang kita konsumsi, akan membuat kekuatan tubuh dan jiwa kita terjaga.

Yang nggak kalah penting adalah, perhatikan pula ‘makanan’ rohani kita. Seseorang yang berbadan sehat tetapi tidak berperilaku sesuai dengan ajaran agama atau nilai-nilai moral kemasyarakatan karena rohaninya yang tidak menerima ‘makanan bergizi’, tentunya bakal bikin orang tersebut jadi manusia yang egois, manusia yang timpang, atau bahkan manusia yang sakit ‘psikisnya’.

Seseorang yang berbadan sehat tetapi menghalalkan segala cara untuk meraih cita-citanya, hanya akan jadi makhluk yang serakah, egois, dan tak terkendali, sehingga meresahkan lingkungan sekitarnya.

Intinya, pilih deh makanan berdasarkan nilai gizinya, bukan karena rasa enaknya aja. Oh ya, jangan lupakan juga vitamin dari buah, sayur, maupun air putih. Teraturlah dalam mengonsumsi menu-menu sehat tersebut disertai olahraga dan tidur yang cukup. Jadi, jagalah asupan makanan kita. Perhatikan keseimbangan gizinya dari berbagai sisi, agar kita mendapatkan manfaatnya yang baik pula, dan tentunya bisa jadi generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas, baik jasmaninya maupun rohaninya.

No comments:

Post a Comment

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥