Friday, February 14, 2014

#1Hari1Ayat Antara Gunung Kelud, Valentine, Twitter, dan 22.49


"Katakanlah (Muhammad), 'Wahai manusia! Sesungguhnya aku (diutus) kepadamu sebagai pemberi peringatan yang nyata',"
(Q.S. Al-Hajj [22] : 49)

Hari ini tab mention twitter penuh karena berisi retweetan dari kicauan yang aku tulis sebelumnya. Bukan apa-apa sih, dan sebenarnya ini memang nggak penting, tapi ajaib aja gitu :D



Kemarin malam, tepatnya jam 22.49, Gunung Kelud di Jawa Timur erupsi dan meletus sampai menimbulkan hujan abu. Nggak heran, informasi dari berbagai media muncul, baik itu media cetak, media elektronik, bahkan nggak ketinggalan media sosial kayak Twitter.

Norak emang pertama kalinya diretweet 271 kali :P
Penyebaran informasi di media sosial jauh lebih cepat ketimbang media elektronik semacam artikel yang bersebaran di website-website, layaknya turbo bahkan kurang dari kedipan mata pun, informasi ini bisa menyebar ke seluruh daerah bahkan pelosok, dan mungkin dunia internasional.

Nah, salah satunya adalah informasi tentang Gunung Kelud yang kembali erupsi ini. Aku sendiri baru tau jam 1 pagi karena di twitter mulai ramai sama hal yang satu ini, bahkan tagar #PrayForKelud jadi trending topic saat itu. Dan alhasil, #HarinyaAkuDanKamu juga barengan sama #PrayForKelud.

Sumber : Tribun News
Berbicara mengenai Valentine alias #HarinyaAkuDanKamu, beberapa orang mungkin ada yang merayakannya sebagai wujud terhadap kasih sayang. Tapi..., ada yang lebih penting dari sekedar itu, yakni mewujudkan kasih sayang kepada saudara-saudara kita yang ada di daerah Kelud, Jawa Timur sana. Menurutku, lebih baik dan lebih mulia mendoakan mereka ketimbang harus ngasih cokelat sama orang terkasih.

Terlepas dari itu semua, ada satu keajaiban yang memang menakjubkan banget. Kalau kamu memperhatikan arus informasi di twitter, pastinya tau kalau erupsi Gunung Kelud tersebut terjadi pukul 22.49. Dan kalau disangkut-pautkan dengan Al-Qur'an, kamu mungkin sama-sama nggak percaya juga.

Dalam Al-Qur'an surah 22 (Al-Hajj) ayat 49 yang artinya, "Katakanlah (Muhammad), 'Wahai manusia! Sesungguhnya aku (diutus) kepadamu sebagai pemberi peringatan yang nyata'," SubhanAllah, Allahu Akbar!! Allah Maha Besar, di balik waktu yang sebenarnya sepele, tapi ada makna dari itu semua, makna dalam Al-Qur'an yang benar-benar dahsyat.

Allah memberikan ujian kepada kita pukul 22.49 WIB, dan dalam Al-Qur'an telah tertulis dalam Q.S. Al-Hajj [22] : 49 tentang hal itu. Bahwa, peristiwa erupsi Gunung Kelud tersebut adalah peringatan yang nyata bagi manusia. Peringatan bagi kita semua bahwa alam sedang memperbaiki dirinya.

SubhanAllah, sekali lagi subhanAllah!! Allahu Akbar. Nggak nyangka aja, semua peristiwa ini berkaitan satu sama lainnya. Dan Allah memang benar, tidak ada kebohongan sekalipun dalam kalam-Nya ini. SubhanAllah...

Lantas ayat ini, sekali lagi, mengingatkan kita bahwa Allah sedang memberikan kita ujian dan peringatan. Peringatan agar selalu mensyukuri nikmat-Nya dan tidak kufur terhadap apa yang telah diberikan-Nya. Semoga kita termasuk orang-orang yang sabar O:) Allahu Akbar!!

Salah satu kawasan di Jawa Tengah yang terkena hujan abu
Semoga saudara-saudara kita yang berada di dekat kawasan Gunung Kelud, Jawa Timur, dan daerah sekitarnya diberikan keselamatan dan kesabaran. Amiin Allahuma Amiin...

9 comments:

  1. ini juga yang lagi rame di path, semoga warga kediri dan sekitarnya segera menyelamatkan dirinya masing" ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Kak..., bahkan debunya sampai ke Bandung nih...

      Delete
  2. Semoga saudara-saudara kita diberi keselamatan & ketabahan... Amiin...

    ReplyDelete
  3. apa yang terjadi di muka bumi ini adalah kehendakNya.
    memang banyak kejadian yang terjadi dan pas dengan apa yang tulis di Al-Quran, nggak cuma tentang Kelud saja, semuanya kembali pada kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, banyak kok, apa yang ada di Al-Qur'an itu, semoga kita termasuk orang-orang yang mengimani Al-Qur'an :))

      Delete
  4. Subhanallah,,, semoga saudara-saudara kita yang tertimpa ujian dan cobaan di beri kesabaran dan ketabahan,

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥