Tuesday, January 21, 2014

Sharing is Caring with Rumah Ramah Rubella

Selamat malam (menuju pagi), entah kenapa akhir-akhir ini sering terbangun sekitar jam 11-an, padahal menyetel alarm jam 1. Ya nggak papa deh, berarti mengkoneksikan jaringan bisa dimulai dari awal (FYI, modem untuk waktu siang udah abis, tinggal edisi subuh aja, xoxo).

Beberapa hari yang lalu, rada rajin blogwalking ke blog orang, ya sama lah cuma jadi silent reader yang nggak bertanggung-jawab aja, eh akhirnya nyasar di tempatnya Bunda Grace. Hallo, salam kenal Bunda, saya udah terhitung 4 kali datang ke rumah Bunda tanpa izin (tampol saya, tampol). Kebetulan juga lihat ada acara yang sedang berlangsung di rumah Bunda itu, iya apalagi kalau bukan semacam giveaway, boleh ya ikut Bunda ;;) *ada maunya aja*.

Say hello to Bunda Grace and Ubii
Tapi..., setelah dibaca persyaratannya, awalnya rada susah lho, arrgghhh tadinya mau nyerah aja, tapi ternyata penasaran juga. Ya udahlah, dicoba dulu, karena keluar dari zona nyaman itu keren :D

Jadi, Bunda Grace adalah seorang penggagas dari berdirinya komunitas Rumah Ramah Rubella. Nggak seperti komunitas dunia maya kebanyakan, komunitas ini lebih mensosialisasikan dan mengkampanyekan tetek bengek dari TORCH mulai dari pemahaman tentang TORCH, pecegahannya, dan dampaknya pada janin.


Apa itu TORCH?

Apa itu Rubella?

Nggak tau ya? Anda penasaran? Sama, saya juga. Iya, awalnya pas baca ini di blog post Bunda Grace, aku malah nyangkal TORCH itu adalah jenis smartphone BB, BlackBerry Torch, tapi ternyata jauh x_x Kalau Rubella sendiri sih pernah denger, itu virus, baru aja semester kemarin belajar tentang virus (INGAT!! Virus bukan makhluk hidup secara biologinya).

TORCH adalah kumpulan virus yang terdiri dari Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes. Sedangkan Rubella adalah salah satu virus yang tergolong dalam kumpulan virus TORCH yang dapat membahayakan janin jika menyerang ibu hamil. Lengkapnya, silahkan klik ini, klik ini, dan klik ini. Bukannya males buat menjelaskan, tapi seyogyanya itu bukan ketentuannya untuk saat ini secara runtut :P

Sumber disini
Langsung ke inti ketentuan giveaway nya ya, sebagai partisipan kita diminta untuk menyumbangkan ide. Ide apa saja boleh, entah itu event, kegiatan, tema yang bisa diangkat dalam seminar atau workshop, charity, dan lain-lain yang bertujuan untuk pengelolaan dan pengembangan komunitas ini secara lebih baik ke depannya.

Nah, ide aku adalah...

Mengadakannya sosialisasi TORCH itu sendiri, mulai dari apa itu TORCH, sampai kepada dampak yang diakibatkan dan penanggulangannya sendiri, Bunda. Menurut aku, sasaran sosialisasi yang paling utama adalah ibu-ibu yang sedang mengandung, lagipula TORCH tidak berbahaya jika menginfeksi dewasa yang tidak mengandung dan anak-anak. TORCH menjadi sangat berbahaya jika menginfeksi ibu yang sedang mengandung karena dapat menginfeksi janin yang dikandung dan menyebabkan berbagai macam gangguan.
Walaupun sasaran utamanya adalah kaum ibu hamil, nggak ada salahnya kalau mensosialisasikan TORCH kepada anak muda kayak aku (tssah masih muda lho ini), ya kalau bisa sih yang mau nikah dan punya anak dulu. Eh tapi, nggak papa lho memberikan edukasi TORCH ke anak-anak SMA, secara gitu ya dalam bab Biologi khususnya bab Virus, kami mempelajari materi berkenaan Rubella dan Herpes, ya walaupun tidak sejauh sampai mengenal TORCH.

Setelah ngintip tanpa ikut nimbrung di grup facebooknya Rumah Ramah Rubella, memang, komunitas yang berdiri 2 Oktober 2013 ini, masih berkisar dalam dunia maya aja, khususnya facebook, dimana orang-orang terkoneksi dalam sebuah grup. Itu nggak salah kok, mengingat Rumah Ramah Rubella baru baru berumur 4 bulan, yang biasanya masih butuh asupan gizi (itu bayi, Syifa >.<).

Ke depannya, harapan Syifa sebagai calon Duta Remaja entah tahun berapa Rumah Ramah Rubella ini sudah punya kegiatan nyata di dunia nyata, nggak hanya sekedar di facebook aja, karena seyogyanya masih banyak yang belum tahu bahkan awam banget terhadap TORCH ini.

Sharing is caring, karena berbagi adalah peduli, semoga semakin banyak masyarakat Indonesia yang tahu tentang TORCH ini. Mari berbagi peran dengan dinas kesehatan untuk mewujudkan edukasi TORCH untuk masyarakat Indonesia.

Salam sehat!!

Eh, by the way Bunda, titip salam sama Aubrey ya, nama yang cantik untuknya, Aubrey Naiym Kayacinta, semoga dia pun menjadi semangat untuk membagi cintanya kepada sesama.

8 comments:

  1. syifa,, ini keren sekali.. saya pertama kali berkunjung ke sini.. jd pengen intip cerita2 syifa yang lainnya.. ^_^

    sukses ya syifa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak, baca lagi postingan lainnya, ditunggu ya komentarnya :)) Saya berkunjung balik juga ke blognya Mbak :))

      Delete
  2. Duh, Syifa. Kentara banget ya kalau orangnya ceria dari tulisannya. Makasih ya idenya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh... Duh dibilang ceria, padahal kalau di sekolah ini disebutnya lebay. Xoxo, iya Mbak, semoga Rumah Ramah Rubella makin dikenal luas juga :))

      Delete
  3. sosialisasi emang tindakan yg paling dekat dan mudah dilakukan ya bisa disebarkan lewat media sosial :) great idea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap..., karena semua orang dapat bersosialisasi dengan begitu mudahnya terhadap apa yang (mungkin) belum diketahui dan ingin ia ketahui.

      Thanks for visit my blog, xoxo

      Delete
  4. jadi pengen gabung dengan komunitas ini, Aqila sekarang dah 2 tahun... tp barubtahu ada komunitas ini... :) boleh gabung kan bu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, silahkan Bunda, seneng banget bisa kasih info juga. Bunda boleh lho langsung gabung di grup facebooknya juga :))

      Delete

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥