Tuesday, January 21, 2014

Membaca, Buat Apa?

Masih ingatkah kamu saat pertama kali belajar membaca? Orangtua kita mengajarkan kita membaca sejak dini. Membaca merupakan hal yang sangat mendasar dalam kehidupan. Tampaknya, berhasil membaca satu kalimat saja adalah kepuasan bagi kita saat itu.

Source : here
Tahu nggak, di dalam otak kita ini, terdapat bermiliar-miliar sel saraf yang tidak dapat bekerja jika tidak menerima stimulus (rangsangan) dari luar kita. Sayang banget kan, Tuhan udah menciptakan otak untuk kita berpikir tapi masih ada aja yang males mikir dan hanya sebagian kecil yang digunakan karena kurangnya stimulus yang kita terima dari luar. Nah, upaya untuk meningkatkan jumlah stimulus itu sendiri dapat kita lakukan dengan membaca.

Source : here
Sumber bacaan yang kita baca akan menjadi stimulus bagi otak kita setelah ditangkap oleh sel saraf sensorik pada mata sebagai salah satu reseptor (indra penerima stimulus). Stimulus itu akan diteruskan menuju otak oleh saraf penghubung. Daaan.., di dalam otak tersebut, sumber bacaan tersebut akan diolah. Hasilnya, kita akan memperoleh informasi.

Namun sayangnya, di Indonesia ini minat masyarakat terhadap membaca masih minim, padahal sudah banyak lho buku-buku keren yang dikeluarkan banyak penerbit disesuaikan dengan genre yang kita inginkan. Nggak hanya itu, ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa membaca, dan lebih khawatirnya lagi yang sudah bisa malah jadi malas membaca.

Source : here
Ini bisa jadi faktor kenapa negara kita sedikit tertinggal dibanding negara lain. Kalau dilihat dari minat baca saja, kita kalah dengan orang Jepang dan Australia. Padahal, ada banyak waktu luang yang bisa kita gunakan untuk membaca. Jika setiap sore kamu membaca buku, maka berapa buku yang telah kamu baca dalam satu minggu, satu bulan, bahkan satu tahun?

Tidak perlu susah, sekarang ini ada banyak perpustakaan yang menyediakan berbagai jenis buku, mulai dari perpustakaan sekolah, perpustakaan keliling, atau mungkin perpustakaan daerah. Lumayan lho, kalau dalam satu minggu kita selesai membaca satu buku, itu artinya dalam satu tahun kita sudah menghabiskan 52 buku, belum lagi buku pelajaran, buku tugas, dan buku sekolah lainnya.

Jadi intinya, bahwa dengan membaca, otak kita menjadi terinspirasi dalam mengerjakan sesuatu. Ayo isi juga waktu luangmu dengan membaca, karena membaca dapat memicu kinerja otak kita.

Source : here

16 comments:

  1. Iya, banyak memang orang2 yg tdk suka membaca.. Minat bacanya sangat kurang, kalau sy perhatikan penyebabnya rata2 karna tdk terbiasa membaca buku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi karena harga buku juga menjadi faktor, banyak buku anak yang masih jauh untuk jangkauan kalangan menengah ke bawah, padahal kebiasaan membaca dimulai dari sejak dini :)

      Delete
  2. di indonesia memang anak"nya jarang yg suka membaca, ada tapi jarang sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketersediaan buku-buku bacaannya pun memang masih rada kurang, harusnya lebih banyak lagi buku-buku yang tersedia di lingkungan anak sebagai generasi pembaca

      Delete
  3. Alhamdulillah aku suka baca...dan aku tularkan ke anakku...dr usianya msh batita aku sdh membelikannya buku2 yg penuh gambar..semakin lm dia jd pingin bs bc sdri..diusia 3,5th dia sdh bs baca walo terbata2...sp skrg dah tingkat SMU klo ditanya mau jln2 kmn..pasti jwbnya satu "Toko Buku"...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, pasti anaknya seumuran sama aku Bunda. Hehe... Minatnya juga sama, tapi aku jarang pergi ke toko buku, soalnya jauh, biasanya sih nitip ke temen :))

      Delete
  4. Anw, yang aku baca, membaca juga dapat mengurangi kepikunan loh :))

    Lagipula aku suka membaca karena aku seperti menemukan 'duniaku' sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku pernah baca itu, cuma lupa. Lha? *jarang baca berarti* xD

      Yap, setuju :D

      Delete
  5. Aku suka baca buku sih, tapi ya novel2 gitu, majalah atau komik. Kalo buku pelajaran.... berat banget deh kayaknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan orang juga gitu Kak, andai aja ada buku pelajaran yang seasyik novel :D

      Delete
  6. Keren, makasih udah mau ikutan GA kita :))

    ReplyDelete
  7. hal yang harus diperangi dalam membaca adalah rasa malas..

    ReplyDelete
  8. sayangnya masih sedikit yg sadar akan hal ini

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥