Saturday, January 4, 2014

#1Hari1Ayat Hari ke-4 (Q.S. Al-Hujurat [49] : 10) “Orang-Orang Mukmin itu Bersaudara”



“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertaqwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.”
(Q.S. Al-Hujurat [49] : 10)

Hari ini, postingan untuk hari keempat rada dispesialin. Kenapa spesial? Karena challenge di hari ini dikhususkan sama Kak Prima nya. Jadi, di hari ini, yang ikutan program #1Hari1Ayat diminta untuk bikin blog post tentang SYUKUR. Sebelum lebih lanjut, yuk kita cari tahu apa arti syukur itu sendiri :))

Menurut guru Agama Islam di sekolah Syifa, Bapak Ust. H. Asep Nurul, syukur adalah memberdayakan atau menggunakan karunia yang telah diberikan Allah sesuai dengan kehendak yang Memberinya. Bisa dikatakan, syukur itu mempergunakan nikmat yang diberikan-Nya dengan tak lupa berterima kasih kepada-Nya.

Nah, sampai saat ini sudah bersyukur belum? Bersyukur atas nikmat hidup dan kehidupan ini beserta dengan segala hal yang telah diberikan oleh Allah.

Ayat di atas, Q.S. Al-Hujurat [49] : 10 itu memang nggak ada kata ‘syukur’ di dalamnya, tapi menurut Syifa ayat ini bisa membuat kita merasakan syukur. Tahu kenapa? Karena pada ayat tersebut terkandung hal-hal yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.


Syifa bersyukur banget ditakdirkan oleh Allah untuk beragama Islam, agama yang paling dimulaikan Allah SWT. Dan salah satu nikmat yang Allah berikan adalah adanya keluarga, sahabat, teman, dan orang-orang mukmin lainnya yang semuanya adalah saudara. Masih ingat kan, bahwa manusia adalah makhluk sosial? Makhluk yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Terhadap orang-orang yang non-Islam, kita senantiasa berbuat baik, berbuat baik dalam hal apa saja tapi tidak untuk yang berhubungan dengan aqidah. Apalagi, kalau sesama muslim, kita adalah saudara.

Source : Google | Credit : asysyifaahs
Lebih istimewanya lagi, orang-orang mukmin itu diumpamakan seperti satu tubuh, yang saling merasakan satu sama lainnya, baik senang maupun sedih. Seperti sabda Rasulullah yang artinya, “Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling mencintai, saling menyayangi, dan saling mengasihi, bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota menderita sakit, maka menjalarlah penderitaan itu ke seluruh badan hingga tidak dapat tidur dan badan demam.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Bersyukur banget akan hal ini, sesama umat Islam, dimanapun kita berada, siapapun kita, kita adalah saudara, saudara sebapak dan seibu dari Nabi Adam dan Siti Hawa. Syifa juga bersyukur karena program #1Hari1Ayat ini, selain mengingatkan kita untuk terus membaca Al-Qur’an tiap hari, kita juga punya saudara baru, teman-teman yang sama-sama ikut program dari Kak Prima ini.

And surely, so thankful for:


I can’t Thank You enough for everything, Allah :)

No comments:

Post a Comment

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥