Thursday, January 23, 2014

#1Hari1Ayat Hari ke-23 (Q.S. Muhammad [47] : 7) "Help Islam, and Allah Will Help You"

“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”.
(Q.S. Muhammad [47] : 7)

Sudah seberapa besar sih kontribusi kita sebagai muslim/muslimah untuk menolong dan membela agama Allah, ISLAM?

Dalam ayat ini, banyak kaum munafik yang mengolok-ngolok “Allah perlu pertolongan”. Maha Suci Allah, segala daya, upaya, dan kekuatan adalah milik-Nya, sesungguhnya manusialah yang lemah dan perlu pertolongan Allah, karenanya Allah memberikan jalan agar kita ditolong oleh-Nya.

Namun, ada juga yang salah mengartikan ayat ini, membela agama Allah dengan cara yang salah. Mengatas-namakan jihad, tapi kenapa malah merugikan banyak orang. Tapi sebelumnya maaf, kalau ilmu Syifa belum sampai sejauh itu, tapi Syifa hanya membahas melalui kacamata seorang pelajar yang masih awam.

Ironis memang jika kita mendengar berita mengenai pembunuhan terhadap kaum non-Muslim. Lagipula apa sih salah mereka sampai harus membunuhnya tanpa alasan yang pasti? Kita kesampingkan dulu urusan agama, takut kalau-kalau salah pemahaman dalam memaknainya.
Source : here
Dulu, Rasulullah melakukan peperangan karena memang orang-orang non-Muslim itu mengganggu ketenangan para muslimin/muslimah saat itu, tapi sekarang? Kita nggak bisa memaksakan diri bahwa suatu negara harus beragama Islam semua, agama itu bukan sebuah paksaan, itu didasarkan pada niat dan keikhlasan hati seseorang untuk memeluknya, lagipula bukankah negara membebaskan rakyatnya untuk memeluk agama yang diyakininya?

Kita bebas untuk meyakini agama yang akan kita peluk, “Untukku agamaku, dan untukmu agamamu”. Kenapa juga harus meributkan persoalan agama, lagipula itu kan hak masing-masing pribadi, dan kewajibannya pun diurus oleh pribadi, serta tanggung jawabnya pun akan diserahkan kepada masing-masing pribadi, bukan?

Dalam Islam, apa yang harus kita perbuat untuk menolong agama Allah? Jalan agar ditolong oleh-Nya adalah mengabdi pada agama-Nya, mendakwahkan agama-Nya, dan menjalani setiap perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya, tidak sulit bukan? Dengan itu pula, kita mengiba pada pertolongan-Nya, “kepada-Mu kami beribadah, (lalu) kepada-Mu kami meminta pertolongan”.

Maka, beribadahlah secara sempurna kepada Allah, maka Allah pasti akan menolong kita. InsyaAllah.

4 comments:

  1. Benar skali, semakin modern teknologi semakin sempit hati beberapa orang.. Mengatasnamakan agama untuk menghalalkan darah orang lain, dan menghalalkan segala cara untuk menjarah harta orang lain..

    Salam silaturahmi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, padahal aku sendiri bingung, mereka kan nggak salah apa-apa, kenapa harus dibunuh gitu? Padahal kan urusan agama itu hak masing-masing, pun tanggung jawabnya di hadapan Allah nanti :)

      Delete
  2. beribadahlah secara sempurna kepada Allah, maka Allah pasti akan menolong kita. InsyaAllah. (y) =)

    ReplyDelete

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥