Monday, January 20, 2014

#1Hari1Ayat Hari ke-20 (Q.S. Ad-Dukhaan [44] : 38-39) "Tentang Manusia"



“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan bermain-main. Kami tidak menciptakan keduanya melainkan dengan haq, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.”
(Q.S. Ad-Dukhaan [44] : 38-39)

Source : here
Pernahkah kamu berpikir bahwa manusia tidak ada sebelum ia dilahirkan ke dunia ini dan manusia diciptakan dari sebuah ketiadaan?

Pernahkah kamu berpikir bagaimana bunga yang setiap hari dilihat di halaman rumah, yang tumbuh dari tanah yang hitam, ternyata memiliki bau yang harum serta berwarna-warni?

Pernahkah kamu berpikir seekor lalat yang menggangu ketika terbang mengitari kita, mengepakkan sayapnya dengan kecepatan sedemikian tinggi hingga kita tidak mampu menangkapnya?

Pernahkah kamu berpikir bahwa lapisan luar dari buah-buhan berfungsi sebagai pembungkus yang sangat berkualitas, yang membungkus dagingnya sedemikian rupa sehingga rasa dan keharumannya tetap terjaga?

Pernahkah kamu berpikir bahwa gempa bumi yang mungkin saja datang secara tiba-tiba ketika manusia sedang tidur, yang menghancur luluhkan rumah, kantor, sekolah, dan kota tempat manusia berada hingga rata dengan tanah sehingga dalam waktu beberapa menit saja dengan mudahnya kehilangan segala sesuatu yang dimiliki dunia?

Pernahkah kamu berpikir bahwa kehidupan berlalu dengan sangat cepat, manusia menjadi semakin tua dan lemah, dan lambat-laun kehilangan ketampanan atau kecantikan, kesehatan dan kekuatannya?

Pernahkah kamu berpikir bahwa suatu hari nanti, malaikat maut yang diutus oleh Allah akan datang menjemput membawa manusia meninggalkan dunia yang fana ini?

Manusia adalah makhluk yang dianugerahi Allah sarana berpikir. Sayangnya, kebanyakan manusia tidak menggunakan sarana yang teramat penting itu sebagaimana mestinya. Bahkan pada kenyataannya sebagian manusia hampir jarang menggunakan akal pikirnya untuk memutuskan suatu keputusan.

Sebenarnya setiap orang memiliki tingkat kemampuan berpikir yang tinggi yang seringkali ia sendiri tidak menyadarinya. Ketika mulai menggunakan kemampuan berpikir tersebut, fakta-fakta yang sampai sekarang belum diketahui, lambat-laun mulai terbuka di hadapannya. Semakin dalam manusia berpikir, semakin bertambahlah kemampuan berpikirnya. Harus disadari bahwa setiap orang mempunyai kebutuhan untuk berpikir serta menggunakan akalnya semaksimal mungkin.

Allah telah memberi kita banyak nikmat yang teramat sangat luar biasanya. Allah tak pernah menciptakan sesuatu tanpa ada manfaatnya di muka bumi ini, sekalipun kita menganggapnya merugikan. Salah satu kelebihan kita dibanding makhluk Allah lainnya, kita diberi akal kemampuan berpikir. Tentu saja Allah mempunyai alasan untuk nikmat-Nya ini, agar kita senantiasa memanfaatkan kemampuan akal tersebut untuk memikirkan banyak hal yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh makhluk ciptaan Allah lainnya. SubhanAllah...

No comments:

Post a Comment

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥