Sunday, January 19, 2014

#1Hari1Ayat Hari ke-19 (Q.S. Ghafir [40] : 60) "Lets Pray"



“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.”
(Q.S. Ghafir [40] : 60)
                                   
Source : +Sanggar AlFatih 
Hari ini sudah berapa kali berdoa sama Allah? Minggu ini sudah berapa kali meminta pada Allah? Sampai bulan ini sudah berapa kali memohon pada Allah? Dan untuk tahun ini sudah berapa kali berdoa, meminta, dan memohon kepada Allah agar harapan kita dikabulkan oleh-Nya?

Berdoa itu bisa dilakukan kapan aja, setelah selesai shalat, setelah selesai membaca Al-Quran, sebelum melakukan sesuatu, setelah melakukan sesuatu tersebut, sebelum belajar, setelah belajar, dan sebelum-setelah lainnya. Berdoa itu nggak harus selalu dilakukan ketika kita suci berwudhu aja, bagi yang nggak berwudhu atau berhalangan pun masih boleh kok berdoa :)

Source : here
Coba ingat, sesering apa sih kita berdoa saat menginginkan sesuatu dan ketika telah mendapatkan sesuatu tersebut? Kebanyakkan sih..., berdoa itu biasanya ketika kita menginginkan suatu hal, apa saja, berupa uang, buku baru, baju baru, gadget baru, atau bahkan ditambahkan ilmunya karena akan menghadapi ulangan. Itu nggak salah kok, boleh-boleh aja, tapi... masa iya sih berdoa pas lagi ada maunya aja, lantas kalau Allah udah memberikan apa yang kita mau, nggak berdoa lagi? Nggak boleh gitu dong :D

Padahal setelah mendapatkan nikmat-Nya pun, rasanya kita harus lebih rajin lagi berdoa, biar nikmat-Nya nggak Allah ambil lagi. Coba deh bayangin, kalau kita meminta sama Allah sesuatu, lalu kita lupa untuk berdoa sebagai ucapan rasa syukur terhadap nikmat-Nya, kalau Allah ambil lagi sesuatu tersebut karena kita lupa bersyukur, gimana? Nggak mau dong.

Dalam keadaan apapun, InsyaAllah Allah bakal mengabulkan doanya. Malah, dalam ayat di atas, Allah menjamin terkabulnya doa hamba-Nya, karena itulah Allah menganjurkan kita untuk terus berdoa.

Berdoa itu ibadah. Tapi, kalau apa yang kita harapkan dalam doa nggak terkabul, bagaimana? Apakah kita nggak lagi berdoa karena merasa bahwa Allah nggak mengabulkan doa kita? Ooh, tentu jangan, mungkin Allah lebih tahu apa dan kapan doa yang kita inginkan akan segera dikabulkan oleh-Nya. Ada tiga kemungkinan, saat kita berada di dunia, ditunda dulu sampai di akhirat, atau Allah gunakan untuk menolak musibah yang akan menimpa kita.

Kalau seandainya kita berdoa karena merasa semuanya suda tercukupi tanpa kekurangan sesuatu apapun, gimana? Jelas, kita harus tetap berdoa. Mungkin aja saat itu Allah lagi menguji kita dengan ujian dimana kita sedang berada dalam keadaan berkecukupan. Malah kalau kita nggak berdoa, Allah jadi benci sama kita dan dicap jadi manusia sombong yang hina dina. Iiih, nggak mau kan?

Allah itu Maha Kaya, dengan kita terus banyak berdoa, Allah akan senang. Sebanyak apapun yang kita minta, pasti Allah kabulkan. Beda banget sama manusia, semakin banyak diminta malah semakin marah, iya kan?

Jadi, banyak-banyaklah berdoa pada Allah, meminta ridha-Nya agar semua yang kita inginkan terkabul, salah satunya adalah surga-Nya kelak. Semakin banyak berdoa, maka semakin besar kesempatan terkabul. Kalaupun nggak, kenapa harus kecewa? Bukankah dengan berdoa saja sudah ibadah? Yuk berdoa!!
Source : here


No comments:

Post a Comment

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥