Saturday, January 18, 2014

#1Hari1Ayat Hari ke-18 (Q.S. Ar-Ra’d [13] : 28) "Remember!"



“Orang yang beriman hati mereka tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”
(Q.S. Ar-Ra’d [13] : 28)

Dari ayat ini, kita diminta untuk mengingat Allah. Mengetahui bahwa Allah adalah segala-galanya. Ketika hati kita baik, nyaman, dan tidak gelisah, akan lebih terasa tenang ketika mengingat-Nya.

Kita nggak perlu risau ketika mengingat Allah. Di saat orang lain menggalaukan hal-hal yang sebenarnya nggak perlu digalauin, sebagai orang yang beriman yang senantiasa mengingat Allah, rasanya nyaman dan tenang.

Bagi orang-orang beriman yang mengingat Allah,  akan timbul kesadaran bahwa apapun ketentuan Allah adalah yang terbaik bagi dirinya sendiri. Kadang, seringkali kita berpikir bahwa apa yang menurut kita baik juga baik menurut Allah. Padahal..., apa yang menurut kita baik belum tentu benar menurut Allah. Tapi, apa yang menurut Allah benar pasti baik untuk kita. Karena sesungguhnya, yang baik belum tentu benar, tapi benar sudah tentu baik.

Mengingat Allah itu menyenangkan sekaligus menenangkan juga. Di saat orang lain bingung, stress, galau, gelisah, dan mencari sesuatu yang bisa bikin dia tenang, orang-orang beriman yang senantiasa mengingat Allah nggak akan begitu.

Adapula ayat lain yang maknanya hampir sama, “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan Ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (Q.S. Al-Baqarah [2] : 152). Saat kita mengingat Allah, saat kita bercengkrama dengan Allah, Allah pun akan mengingat kepada kita, dengan melimpahkan dan memberikan rahmat-Nya yang luar biasa nikmatnya.



Begitupun saat kita bersyukur kepada-Nya, nggak hanya itu, Allah juga akan menambah nikmat yang diberikan-Nya.

Itulah manfaat saat kita mengingat Allah dan merasa tenang karena-Nya. Al-Qur’an saja menegaskan bahwa ketenangan itu ada pada setiap diri yang selalu mengingat Allah. Ketenangan itu nggak bisa dicari, ketenangan juga bukan sesuatu yang instan kayak mie.

Jadi, buat apa harus susah-susah menggalau dan menggelisahi hal-hal yang seharusnya nggak perlu digalaukan itu? Cukup dengan mengingat Allah saja, InsyaAllah hati kita bakal tenang. Yuk, ingat Allah dan rasakan tenangnya!

No comments:

Post a Comment

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥