Thursday, January 16, 2014

#1Hari1Ayat Hari ke-16 (Q.S. Adz-Dzariyat [51] : 21) "Mengenal Allah"


“Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?”
(Q.S. Adz-Dzariyat [51] : 21)

Kalau setiap dari kita mau jujur dan mengakui, sebenarnya banyak banget di antara kita yang sampai sekarang melaksanakan pelaksanaan ibadah yang kurang atau bahkan nggak kerasa nikmat sama sekali. Punya kekayaan, ketenaran, dan kelebihan lainnya tapi ngerasanya kok hanya ada kegalauan jiwa saja ya...

Itulah salah satu ciri ketika kita kurang mengenal Allah dalam setiap aktivitas atau kegiatan yang kita jalani. Allah bakal memberikan kenikmatan dalam beramal jika kita sendiri mengenal siapa Pencipta kita dengan baik. Dampaknya..., dalam melaksanakan ibadah pun nggak setengah-setengah atau hanya dianggap sebagai penggugur kewajiban aja.

Seseorang yang mampu mengenal dirinya dengan baik serta mengerti kedudukan yang diberikan oleh Allah, maka dapat menunaikan hak Allah yang menjadi kewajibannya. Dengan demikian, kita akan sampai pada ma’rifatullah.

Nggak hanya itu, ternyata dengan mengenal Sang Pencipta kita, kita akan tahu persis kemana arah hidup kita sendiri. Siapa sih yang nggak mau hidupnya terarah dan nggak sembarangan lagi, berbelok-belok sampai baru sadar kalau ternyata jalan yang kita ambil salah, atau bahkan nggak sadar sama sekali?

Pepatah bilang, tak kenal maka tak sayang. Kalau buku yang Syifa baca, itu Tak Kemal Maka Tak Sayang. Lengkapnya sih..., tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, tak cinta maka tak rindu, tak rindu maka *ya teruskanlah sendiri*. Gimana bakal sayang, lalu cinta, apalagi rindu, kalau kita sendiri nggak kenal siapa yang akan kita sayangi, cintai, dan rindui. Masak iya tiba-tiba kita merindui seseorang yang sama sekali kita nggak kenal? Nggak mungkin dong.

Nah..., logikanya sih, sebelum kita sayang, sebelum kita cinta, dan sebelum kita rindu kepada Allah, tentu aja kita harus mengenalnya. Masih ingat kan kalau sedari kecil orangtua kita sering mengenalkan kepada kita, siapa Allah?

Seharusnya, nggak hanya tahu dan cukup tahu aja kalau Allah adalah Tuhan. Tapi, kita harus lebih mengenalnya lagi lebih jauh lagi lebih dalam lagi, supaya dalam melaksanakan perintah-Nya kita sendiri paham apa yang mau kita kerjakan dan untuk siapa kita mengerjakannya. Yuk, mengenal Allah :)

No comments:

Post a Comment

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥