Sunday, January 12, 2014

#1Hari1Ayat Hari ke-12 (Q.S. Al-Alaq [96] : 1) "Bacalah!!"

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,”
(Q.S. Al-Alaq [96] : 1)

Sejak kecil, aku memang udah hobi untuk membaca, baca buku lebih tepatnya. Nggak bisa dong kalau baca musik apalagi baca film? Hoho... Dari sejak sebelum masuk SD pun, Mamah dengan sabarnya ngajarin aku baca huruf, dan semenjak itulah kebiasaan membaca jadi semacam hobi. Dan semakin kesini, nggak hanya sekedar hobi aja, malah diasumsikan sebagai kebutuhan apalagi kewajiban membaca.

We❤It
Pernah satu kali saat ada di perpustakaan SMP, mungkin ada seorang kakak kelas yang kayaknya sering merhatiin. Dan karena keseringan baca di surganya sekolah ini, alhasil banyak yang bilang kutu buku, padahal tingkat membaca aku masih kalah rendah kalau dibandingin temen-temen lain.

Membaca itu luas kok, nggak harus berupa buku, maksudnya buku apa aja bisa dibaca, buku tulis, buku pelajaran, buku paket, buku tugas, buku harian, buku tagihan *eh, ada juga yang sejenis novel dan kawan-kawan sebangsanya, dengan berbagai kategori buku yang kayaknya banyak banget. Tapi..., dari semua itu, tentunya jangan lupa dong untuk terus baca buku yang paling paling teristimewa. Yap, Al-Quranul Kariim...

Dalam sehari, aku sendiri mengusahakan untuk membaca Al-Quran, kecuali kalau lagi halangan. Kalaupun halangan, ya baca-baca buku agama, dan niatnya bukan buat baca kalamullah, tapi sebagai dzikir aja. Minimalnya, ya satu ‘ain deh, karena kalau satu ayat aja pasti untuk khatamnya lebih lama lagi, kalau sehari bacanya cuma seayat :D

Dari satu ‘ain itu, aku juga berusaha untuk terus meningkatkan lagi bacaan Al-Quran. Pengennya sih satu hari satu juz, jadi dalam sebulan bisa khatam, tapi sayangnya nggak bisa terus :(

Dulu, waktu masih kecil, yaaa... sekitar kelas 1 SD, Mamah udah ngajarin aku baca Al-Quran, sedangkan kebanyakan umur segitu baru baca Iqro. Alhasil, belum banyak bisanya, sampai nangis karena nggak bisa-bisa baca surat Al-Fatihah. Astagfirullah... x_x

Semakin kesini, aku mulai coba untuk belajar tahfidz dan qira’at. Ya..., walaupun hasilnya nggak sebagus teman-teman, tapi setidaknya ada upaya untuk belajar. Hehe...

Oh iya, pengennya sih tahun ini bisa hafalin 2 atau 3 juz. Iri sama Teh Devia yang udah bisa hafalin 6/7 juz Al-Quran. Iri juga sama teman yang umurnya sama udah ada yang hafal 30 juz nya itu, aku juga pengen bisa dong. Semoga Allah memudahkan untuk menghafalkannya. InsyaAllah...


No comments:

Post a Comment

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥