Friday, January 10, 2014

#1Hari1Ayat Hari ke-10 (Q. S. Ibrahim [14] : 24 -25) “Iman itu Pohon”



“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.”
(Q. S. Ibrahim [14] : 24 -25)

Iman, artinya percaya atau yakin. Yakin yang diyakini dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan dilakukan dengan perbuatan.

Pohon, ada banyak bagiannya, mulai dari akar, buah, cabang, dan daun (singkat saja ABCD).


Lantas, ada apa antara iman dan pohon?
Dalam ayat ini, Allah mengumpamakan iman seperti pohon, dengan berlandaskan akar yang kuat pastilah akan menghasilkan buah yang melimpah.

Beberapa waktu lalu, Syifa coba-coba jawab kuisioner di salah satu buku Psikologi. Ceritanya, kita disuruh memilih antara AKAR (A), BUAH (B), CABANG (C), dan DAUN (D). Dan yap, Syifa iseng untuk pilih AKAR... Lalu, ada lho penjelasan tipe orang berdasarkan bagian dari pohon ini...
 
Akar, Buah, Cabang, atau Daun?
Tipe AKAR (A)
Pintar, cepat menyerap informasi, kalau ia seorang pelajar rata-rata nilainya 90. Ia seorang yang teliti, suka grafik, suka terhadap data, irit, rapi, sederhana, hati-hati, kalau bekerja sampai tuntas, dan ia “jago bergaul” dengan benda mati/hasil teknologi.

Tipe BUAH (B)
Kreatif, imajinatif, berani, antusias, pandai bergaul, humoris, pandai berbicara –dan kalau berbicara ekspresi antusias di tubuhnya sangat terlihat, pandai bercerita dengan ekspresi wajah yang mengagumkan, semangat, optimis, energik, bergairah, mata berbinar, populer, ceria, menebar senyum dan pesona, menarik perhatian, menyapa lebih dulu, heboh, memberi perhatian dan pandai merayu.

Tipe CABANG (C)
Fokus, memiliki jiwa kepemimpinan yang alami, visioner, berani, optimis menuntaskan visinya, bergerak efisien dan efektif, mendominasi, berpengaruh, tegas, cepat pulih dari kegagalan, kuat, percaya diri, berbicara sedikit tapi efektif, cepat mengambil keputusan, cepat mengambil tindakan, praktis, lebih berpeluang cepat menjadi orang kaya.

Tipe DAUN (D)
Dikenal sebagai orang yang baik, ramah, sabar, penuh syukur, rendah hati, tidak banyak meminta, tidak suka konflik, disenangi banyak teman-temannya, sering membantu, cukup kreatif, imajinatif, tidak ambisius, tenang dan menenangkan, tidak banyak protes, apa adanya.

Jadi, diantara bagian-bagian pohon kamu memilih yang mana? Bagaimanapun, semua berawal dari akar. Akar memang berada di bawah tanah, banyak yang lebih mengagumi buah, cabang, dan daunnya, padahal... akar lah yang menopang bagian-bagian tanaman itu. Dan karena akar yang kuatlah, sebuah pohon akan tegak berdiri hingga menghasilkan buah yang melimpah :))

2 comments:

  1. Pohon sebagai perumpamaan iman, yaaya dapat diterima :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, tapi bisa juga sih yang lain, cuma lagi terbersitnya pohon :D

      Delete

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥