Tuesday, May 14, 2013

Pemilihan Duta Sanitasi Tingkat SMP di Jawa Barat Tahun 2012 Part 8


Hari ke-3 (Minggu, 8 Januari 2012)

Setelah istirahat selama kurang lebih 30 menit, kita kembali lagi ke Ruang Krakatau. Tapi, Syifa nggak kesana, soalnya Syifa malah body unwell *ceilah, body unwell*. Jadi, Syifa cuma istirahat sebentar di kamar. Padahal sayang banget, jadwalnya kan ada pemutaran film kesanitasian, eh Syifa malah absen L

Oh iya, kata Rina, pas di Ruang Krakatau tadi, nggak hanya pemutaran film aja, tapi peserta DS juga dikasih form evaluasi (baca: angket) mengenai penyelenggaran pemilihan Duta Sanitasi 2012 *makin nyesel*.

Udah itu, kita kembali ke kamar lagi untuk check out penginapan. Dan dari situ, Syifa udah agak baikan lagi *badannya bukan hatinya*, dan beresin perlengkapan yang dibawa. Setelah beres-beres di kamar, kita kembali lagi ke Ruang Krakatau untuk penutupan *bulak-balik mulu*.

Nah, di penutupan itu, ada beberapa performance juga dari beberapa sekolah. Kayak penampilan Musik Angklung SMPN 28 Bandung. Kalian tahu kan, kalau Angklung 28 itu udah go international? Nih baca!

Sumber: belia Pikiran Rakyat
Terus ada juga pembawaan lagu sanitasi dari SMPN 2 Subang (Ade Hermawan, Riska Nur Pratiwi, Aulia Adhatul Zanah, dan Rifqi Kurniana Hidayat) bareng pembimbingnya, Pak Akhmad Solihin. Mereka menyanyikan lagu mengenai perilaku hidup bersih yang judulnya itu “___” yang diciptakan sendiri oleh Pak Akhmad. Keren ya (y)

Setelah itu, ada juga penampilan teaterikal kesanitasian a.k.a kabaret dari SMPN 7 Bandung. Kabaretnya juga masih dengan tema yang sama, yakni sanitasi. Ceritanya tentang sepasang kekasih *cieeee, ciwiwiiw* yang sama-sama punya tujuan buat membersihkan tempat tinggalnya yang merupakan tempat pembuangan limbah illegal. Tapi, ayah dari si perempuan nggak setuju, soalnya ayahnya ini adalah bos yang punya tempat pembuang limbah illegal itu. Eeehhh, endingnya malah jadi kayak perang, dan akhirnya si perempuan meninggal karena kesalahan ayahnya sendiri. Hmmm, kurang lebih gitu sih ceritanya. Ora paham? Mbok yo kudu paham, la koe sudah menjelaskan toh *maklum baru belajar Basa Jowo*.

Angklung 28, udah. Lagu sanitasi, udah. Kabaret 7, udah. Apa lagi dong? Haha… adalah laporan penyelenggara. Tapi, Syifa nggak merhatiin sih, malah ngobrol aja *jangan dicontoh*. Setelah laporan itu, baru deh pengumuman pemenang lomba *ini yang paling ditunggu-tunggu*. Intinya, ini deh yang menang :

Karya Tulis dan Penyuluhan Kesanitasian
Juara 1             : Aditya Yuda Kencana, SMPN Unggulan Sindang, Kab. Indramayu
Juara 2            : Aditya Darma Priatna, SMPN 2 Garut, Kab. Garut
Juara 3            : Ria Putri Primadanty, SMPN 11 Bandung, Kota Bandung
Harapan 1       : Desi Ratna Sari, SMPN 1 Cimalaka, Kab. Sumedang
Harapan 2      : Hj. Hanum Nurhaliza, SMPN 2 Garut, Kab. Garut
Harapan 3      : Lydia Husen Kartadinata, SMPN Regina Pacis, Kota Bogor

Karya Poster dan Presentasi Kesanitasian
Juara 1             : Carol Natasha, SMP BPK Penabur Taman Holis Indah, Kota Bandung
Juara 2            : Dhiah Sa’idah, SMPN 9 Bekasi, Kota Bekasi
Juara 3            : Cindy Agatha Donabella, SMPN 1 Bekasi, Kota Bekasi
Harapan 1       : Annisa Nur Rizky Firdaus, SMPN 2 Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya
Harapan 2      : Giat Cahya Pamungkas, SMPN 1 Cisarua, Kab. Bandung Barat
Harapan 3      : Nabila Putrianna, SMPN 2 Cibinong, Kab. Bogor

Nah, dari tiap kategori, baik Karya Tulis maupun Karya Poster yang meraih Juara 1, 2, dan 3 ini akan mewakili Provinsi Jawa Barat untuk Jambore Sanitasi Nasional 2012 di Jakarta nanti. Alhamdulillah, dari perwakilan Kab. Bandung Barat, Giat mendapat Harapan 2. Ya walaupun belum juara inti, setidaknya ada yang menang :D

Setelah pengumuman lomba itu, banyak yang foto-foto, tapi Syifa nggak L Sayang banget kan? Kesempatan berfoto sama orang-orang terbaik itu kan jarang L

Selesai pengumuman dan penyerahan penghargaan kepada para pemenang, dilanjutkan dengan sambutan, penutupan, dan pembacaan do’a. Mau tahu doa Syifa apa? Syifa berdoa, supaya suatu saat Syifa bisa mengikuti pemilihan duta lainnya *dalam bidang apapun*, nggak cuma bidang lingkungan aja. Terus, Syifa juga berdoa, supaya tahun depan, dari sekolah Syifa, ada perwakilan yang mengikuti Pemilihan Duta Sanitasi 2013 *dan ternyata ada*.

Next, penyelesaian administrasi kegiatan, tanda tangan dan lain sebagainya, semuanya SELESAI deh. Finally, semua peserta dan pendamping kembali ke kota dan kabupatennya masing-masing. Ada yang senang, sedih, bahagia, kecewa, dan perasaan lainnya. Kalau Syifa sih bangga dan senang, walaupun nggak bawa pulang piala, tapi banyak banget yang lebih berharga dari piala. Ya, PENGALAMAN.

TERIMA KASIH UNTUK SEMUANYA. TERIMA KASIH UNTUK TIGA HARI YANG LUAR BIASA. TERIMA KASIH. SAYA BANGGA MENJADI SALAH SATU DIANTARA ORANG-ORANG TERBAIK. SAYA BANGGA MENJADI BAGIAN DARI PARA DUTA SANITASI!



No comments:

Post a Comment

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥