Tuesday, May 14, 2013

Pemilihan Duta Sanitasi Tingkat SMP di Jawa Barat Tahun 2012 Part 7


Hari ke-3 (Minggu, 8 April 2012) Bagian 1

Nah, ini dia hari yang jadi puncaknya acara. Setelah menikmati sarapan, seluruh peserta berkumpul di Ruang Krakatau. Ruang Krakatau I untuk Karya Tulis dan Ruang Krakatau II untuk Karya Poster.

Sambil menunggu beberapa menit untuk persiapan, Kak Niken sebagai pembawa acara untuk Karya Tulis ngajak kita main games dulu nih. Gamesnya tentang ‘Tupai dan Pohon’, ada yang tau gak? Hehe… Syifa juga ikut main, lho ;;)

Setelah benar-benar mendapat pemberitahuan tentang 10 finalis itu, Kak Niken langsung mengumumkannya di depan peserta Karya Tulis. Kalau Karya Poster sama kakak pembawa acara satunya lagi *Syifa lupa namanya*.

Ini dia 10 finalis karya tulis yang lolos tahap seleksi:
1.  Prahesti Ninda Nugroho, SMP Pupuk Kujang, Kab. Karawang
2. Lydia Husen Kartadinata, SMP Regina Pacis, Kota Bogor
3. Desi Ratna Sari, SMPN 1 Cimalaka, Kab. Sumedang
4. Aditya Yuda Kencana, SMPN Unggulan Sindang, Kab. Indramayu
5. Hana Fauzia, SMPN 1 Cimalaka, Kab. Sumedang
6. Karin Ramandhani Susanti, SMPN 1 Ciparay, Kab. Bandung
7. Aditya Darma Priatna, SMPN 2 Garut, Kab. Garut
8. Ria Putri Primadanty, SMPN 11 Bandung, Kota Bandung
9. Hj. Hanum Nurhaliza, SMPN 2 Garut, Kab. Garut
10. Aisyah Q’Otrunada, SMPN 1 Haurgeulis, Kab. Indramayu

Nggak cuma  itu, Syifa juga dapat pengumuman 10 finalis karya poster yang lolos tahap seleksi:

1. Carol Natasha, SMP BPK Penabur Taman Holis Indah, Kota Bandung
2. Cindy Agatha Donabella, SMPN 1 Bekasi, Kota Bekasi
3. Dhiah Sa’idah, SMPN 9 Bekasi, Kota Bekasi
4. Khanifa Fajria, SMPN 4 Bogor, Kota Bogor
5. Ahmad Faizal Sidiq, SMPN 2 Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya
6. Annisa Nur Rizky Firdaus, SMPN 2 Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya
7. Giat Cahya Pamungkas, SMPN 1 Cisarua, Kab. Bandung Barat
8. Kuswindarini, SMPN 1 Karawang Barat, Kab. Karawang
9. Nabila Putrianna, SMPN 2 Cibinong, Kab. Bogor
10. Annisa Shofura Yuniar, SMPN 1 Tanjungsari, Kab. Sumedang

10 Finalis itu, nantinya akan memberikan penyuluhan (untuk karya tulis) dan presentasi (untuk karya poster) terhadap karya yang sudah mereka buat. Walaupun, Syifa dan teman-teman lain yang tidak lolos tahap seleksi, tapi kita bangga kok, dan yang penting, kita udah dapat banyak hal disini, mulai dari pengalaman, teman baru, jeung sajabana.

Peserta yang lolos tersebut, diberikan waktu 15 menit untuk mempersiapkan alat peraganya masing-masing. Dan pada saat penyuluhan nantinya, mereka akan menggunakan alat-alat tersebut untuk mendukung penyuluhannya dan menambah nilai poin untuk mereka sendiri. Oh iya, kalau untuk karya poster, mereka nggak dianjurkan untuk bawa alat peraga, soalnya mereka cukup mempresentasikan aja hasil gambar yang sudah mereka buat selama 3 jam itu.

Penyuluhan dan presentasinya juga dilaksanakan di ruangan yang berbeda. Tiap peserta, diberikan waktu 10 menit untuk memberikan penyuluhan dan presentasinya di depan peserta yang lain. Alat peraga yang mereka bawa, semuanya bagus kok, unik, punya kekhasan tersendiri, dan yang pasti jadi penambah daya tarik penyuluhan mereka.

Oh iya, Syifa juga sempet lho berbincang-bincang dengan salah satu finalis Karya Tulis yang lolos 10 besar, yaitu Desi Ratna Sari. Alat peraga yang dibawa Desi adalah sejenis tempat minum yang dibuat dari bamboo, bukan kendi sih, tapi apa ya *berpikir keras* oh iya kélé namanya.

Nah ini, Desi berfoto bareng kélé-nya. Kélé-nya itu lucu, lho, nggak hanya sekedar bambu biasa, tapi disitu juga ada ukiran yang Desi buat sendiri. Nih fotonya: *fotonya nggak pas bagian ukirannya x_x*



Ada juga sih foto Syifa bareng Desi, cuma nggak di uplod, soalnya . . . *abaikan*



Setelah penyuluhan dan presentasi kesanitasian telah selesai dilaksanakan, semua peserta dan pendamping kembali lagi ke kamarnya masing-masing, dan dilanjutkan dengan makan siang babarengan di hotel itu sendiri :D

Nah, next blog post nanti, bakal ada cerita lain lagi. So, what we can to do? Yes, we can waiting my next blog post :D Keep Calm and Stay Waiting Me B-)

No comments:

Post a Comment

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥