Wednesday, April 10, 2013

The Experience(s)


The Experience(s)




"Pengalaman adalah guru yang paling berharga", yap kata bijak yang satu ini memang sangat benar sekali. Banyak sekali pengalaman yang sudah kita lewati sejak kita dilahirkan sampai saat ini, ada ribuan bahkan jutaan pengalaman yang sudah aku dapatkan khususnya. Begitupun halnya dengan kalian, bukan?

Kalau boleh bertanya, sudah berapa banyak sih pengalaman yang kalian dapatkan selama ini? Ratusan? Ribuan? Jutaan? Atau milyaran? Tiap detiknya, manusia itu akan selalu mempunyai pengalaman. Terlebih, semakin tua, semakin banyaklah pengalaman yang didapatkannya. Tapi, pernahkah berpikir, apakah pengalaman yang kalian dapatkan itu adalah suatu harapan atau ketidak-inginan?

Selama ini, Tuhan memberikan pengalaman kepada manusia agar ia bisa belajar, baik belajar dari kesalahan atau kebenarannya. Dalam hal kesalahan, sepatutnya kita harus belajar dari kesalahan itu agar tidak terulang untuk kedua, ketiga, dan kesekian kalinya. Sedangkan, dalam hal kebenaran, itulah yang harus kita terapkan dan tingkatkan lagi.

"Experience is unforgetable moment", itu kata bijak yang sangat benar-benar sekali. Pengalaman itu memang momen yang tidak terlupakan, apalagi kalau pengalamannya menyenangkan, tidak terkecuali pengalaman yang menyedihkan juga. Ketika kita mengalami peristiwa yang menyenangkan, kita selalu mengingatnya dan tak akan pernah terlupakan, misalkan ketika kita dinyatakan menjadi juara dalam suatu perlombaan. Atau ketika kita mengalami peristiwa yang menyedihkan, hal ini sering menjadi trauma tersendiri bagi pribadi seseorang.

Nah, sebagai makhluk Tuhan yang diberikan begitu banyak pengalaman tak terhingga, seharusnya kita bisa bersyukur kepada-Nya atas apa yang telah ia takdirkan untuk kita. Apapun itu pengalamannya, menyenangkan, menyedihkan, mengharukan, dan pengalaman-pengalaman lainnya, Tuhan berikan agar kita selalu ingat dan tak lupa atas nikmat-Nya. Karena dari pengalamanlah, kita bisa tahu arti hidup sesungguhnya.***

No comments:

Post a Comment

Thanks for read my post. Leave a comment, please ♥